Truk Terbalik di Bunga, Ternyata Bawa Semen Selundupan

oleh -143 views

SANGALU, Luwuk – Sebuah truk hijau besar bernomor polisi DB 8838 EF, mengalami kecelakaan saat hendak memasuki kota Luwuk, di penurunan jalan di desa Bunga, Luwuk Utara, Selasa (16/6) pagi. Terbalik diduga akibat rem blong, tak ada korban jiwa dilaporkan dalam kejadian itu.

Namun, kecelakaan itu membongkar ada apa sebenarnya di balik muatan truk terbalik ini. Yakni ribuan sak semen Conch, yang diduga kuat coba dimasukkan ke kota Luwuk dari arah Gorontalo, secara illegal atau diselundupkan.

Hal itu setelah pihak distributor semen Conch yang berada di kota Luwuk, menampik jika truk yang terbalik di desa Bunga dan hendak memasukkan semen Conch di kota Luwuk, merupakan milik mereka.

Baca juga:  Matangkan Persiapan Pengamanan Pilkada 2020. Polres Banggai Gelar TFG

“Di Luwuk atau untuk wilayah kabupaten Banggai, hanya ada dua distributor resmi semen Conch. PT. Tangkian Cargo Trans dan PT Kaduara Persada Makmur. Dan sudah kami pastikan, truk yang terbalik itu dan memuat semen Conch, bukan milik kami,” sebut Rudi, pihak PT. Tangkian Cargo Trans, salah satu distributor resmi semen Conch, Rabu (17/6) kemarin.

Kecurigaan atas semen selundupan secara illegal yang coba dimasukkan ke kota Luwuk itupun, semakin menguat.

Dimana kecurigaan modus ini, dilakukan pihak yang coba melakukan black market untuk menghindari pajak atau PPN. Demi meraup keuntungan meski secara illegal, dan menganggu wilayah marketing resmi distributor yang ada di wilayah ini.

Baca juga:  Bawa Kabur Motor asal Lamala, Pria Bungin Tertangkap di Belakang SDN Keleke

Dari informasi pihak distributor semen Conch di kabupaten Banggai, antar sesama distributor-distributor resmi yang ditunjuk di wilayah marketing masing-masing, dalam aturan atau ketentuan yang telah disepakati bersama, tidak diperbolehkan untuk mengganggu wilayah satu sama lain.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Banggai AKP Pino Ary yang dihubungi terkait dugaan penyelundupan semen illegal ini, mengatakan belum mengetahui informasi ini. Sebab untuk kasus kecelakaan, ditangani oleh pihak Sat Lantas secara umum.

Sehingga dengan adanya informasi ini, AKP Pino Ary berjanji akan melakukan penyelidikan awal. Dimana faktur pembelian serta dokumen perjalanan truk bermuatan semen Conch tersebut, juga akan diperiksa lebih lanjut.

Baca juga:  Ariyanto Naja, Nelayan Bongganan yang Hilang Ditemukan Tak Bernyawa

“Soalnya kalau laka lantas mungkin lapornya ke Lantas dulu. Nanti saya cek,” tegas Kasat Reskrim, kemarin. *

(jay)