Limbah Industri PT SASL Dibuang ke TPA Bunga, Duitnya Masuk Rekening Pribadi

oleh -477 views
Pembuangan limbah industri PT SASL yang dilakukan di TPA Bunga, Kecamatan Luwuk Utara beberapa waktu lalu. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – PT Sals and Sons Indonesia (SASL) yang beroperasi di Desa Kayutanyo, Kecamatan Luwuk Timur memang masih memiliki kendala dalam upaya pengelolaan limbah industrinya. Bahkan, persoalan itu pernah dilirik Satreskrim Polres Banggai.

Untuk mengatasi persoalan limbah ini, pihak perusahaan SASL masih melakukan pembuangan limbah dengan cara manual. Kabarnya upaya itu dibantu oleh oknum Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banggai.

Pembuangan limbah industri pengelolaan kelapa tersebut diangkut dengan kendaraan dinas dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Bunga, Kecamatan Luwuk Utara. Namun, akhir-akhir ini penggunaan kendaraan tidak lagi menggunakan mobil dinas.

Baca juga:  Polda Sulteng Umumkan Hasil Seleksi Sekolah Inspektur Polisi

Informasinya perusahaan membayar sekira Rp82 juta untuk kegiatan pembuangan limbah industri ini.

Namun, uang hasil pengangkutan limbah tersebut tidak masuk ke kas pendapatan kantor atau dinas. Hasil penelusuran mengungkapkan bahwa uang hasil pengangkutan limbah industri ini ditransfer pihak perusahaan ke rekening pribadi oknum DLH Banggai.

Sumber terpercaya yang enggan diungkapkan identitasnya menyebutkan jika uang hasil pengangkutan limbah ditranfer ke rekening pria berinisial JL atas sepengetahuan salah satu pejabat di DLH.

Baca juga:  Penerbangan Dihentikan, Bagaimana Nasib Pengiriman Sampel Swab ke Makassar?

Sayang, hingga berita ini ditayangkan baik pihak DLH Banggai dan PT SASL belum dapat terkonfirmasi. Meski begitu, sumber mengaku bahwa informasi tersebut benar adanya.*

 

(van)