Hari ini, Festival Sastra Banggai Mulai Dilaksanakan Secara Virtual

oleh -40 views

SANGALU, Luwuk – Kabar menyenangkan dari Yayasan Babasal Mombasa, bahwa FSB Virtual mulai dilaksanakan hari ini. Seperti yang kami yakini, Juni bukan hanya tentang hujan dan Sapardi, tetapi juga sebuah perayaan yang digaungkan dari lengan timur Pulau Sulawesi.

Seminggu sebelum acara, Tim FSB merilis Google Form untuk pendaftaran peserta yang ingin mengikuti kelas dan diskusi interaktif di Webex—sebuah platform meeting online.

Sejak semalam, akses registrasi untuk ruang-ruang virtual tersebut akhirnya ditutup. Setelah tim administrasi mendata jumlah peserta yang melebihi kapasitas.

Baca juga:  Ramadhan dan Ujian COVID-19

Hal ini tentu saja menyenangkan dan menjadi kabar baik bagi semua. Penyelenggaraan virtual ini memungkinkan kelas-kelas di FSB bisa diakses siapa pun.

Dari data tim kami, sebaran peserta dimulai dari Aceh hingga Papua. Didominasi oleh peserta dari Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Bali dan kota lainnya. Ini membuktikan bahwa pesan-pesan FSB melalui media sosialnya tersampaikan.

Antusiasme ini juga berarti bahwa suara dari timur terbawa hingga jauh.

Tiga program akan menjadi pembuka pelaksanaan hari pertama FSB. Seremoni malam pembukaan yang biasanya dilaksanakan di panggung utama RTH Teluk Lalong, kali ini disiarkan dari laman Instagram @babasalmobasa, @fsbanggai dan akun Facebook @Festival Sastra Banggai – FSB.

Halalbihalal Puisi menghadirkan beberapa penyair, dan dipandu oleh dua orang dari tim kami. Para penyair akan berbincang tentang puisi dan pandemi, dilanjutkan dengan pembacaan puisi dari semua yang hadir.

Baca juga:  Pastikan Kader NasDem Bergerak, Batia Konsolidasi ke DPC Nambo

Terlaksananya FSB virtual adalah berkat dukungan banyak pihak. Kerja berjejaring ini membantu Babasal Mombasa meluaskan jangkauan. Dibantu oleh penerbit Basabasi, Nemu Buku, Luwuk Post, Sangalu.com, Banggai Raya, patjarmerah, Narabahasa, Tirto.id, mojok.co, Gramedia Pustaka Utama, Makassar International Writers Festival, Luwuk Today, Transsulawesi, Berdaulat.id dan Bimbel Sigma.

Akhirnya, dari live instagram @fsbanggai, mari membuka akhir pekan dengan program pertama kami, Literasi Bencana Nonalam dengan pembicara Neni Muhidin, dan akan dipandu oleh Tiwi Djalal.

Baca juga:  Sikapi Situasi Kamtibmas Penolakan Omnibus Law, Kapolres Banggai Undang Forkopimda

Untuk jadwal-jadwal lengkap silakan berkunjung ke akun resmi FSB di Instagram dan Facebook.

 

Penulis:

Direktur Festival Sastra Banggai, Ama Achmad