Gandeng ZAA, Benarkah Anti Siapkan Skenario Besar?

oleh -129 views

SANGALU, Luwuk – Digantinya secara tiba-tiba nama Haris Hakim oleh Zainal Abidin Alihamu, sebagai calon wabup Banggai yang akan mendampingi Suliyanti Murad di Pilkada Banggai, masih terus menimbulkan spekulasi publik.

Meski sebenarnya keputusan itu belum secara resmi dideklarasikan Anti (sapaan Suliyanti Murad), namun arah bakal berpasangannya dua tokoh ini, diyakini mulai menjurus pasti.

Namun, stigma negatif atas kehadiran Zainal Abidin Alihamu (ZAA) di kubu Anti Murad, tak sedikit dikicaukan berbagai pihak. Bahwa diduga memang ada sebuah settingan kepentingan politik besar dibaliknya.

Baca juga:  Kapolres Banggai Cek Gudang Logistik KPU

Salah satu pengamat politik daerah, yang minta namanya tak dipublikasikan, mengatakan bahwa pandangan negatif ini memang wajar dialamatkan.

Mengingat track record ZAA, seorang birokrat yang selama ini ‘nempel’ dan patuh pada pimpinan daerah saat ini, Herwin Yatim.

“Tiba-tiba mengundurkan diri sebagai seorang ASN dan memilih melawan orang yang dekat dengannya, katakanlah pimpinannya. Semua orang pastilah bertanya, ada apa?” Sebutnya, Selasa (16/6).

Mungkin saja, lanjutnya, memilih melawan balik pimpinan sendiri, murni hati nurani ZAA dengan alasan yang hanya diketahuinya. Tentunya, setelah pertimbangan untuk kans cerah ke depan, telah terkalkulasi dengan baik.

Namun, membaca pasti apa yang sedang direncanakan secara politik oleh Anti Murad, bukan hal yang bisa begitu saja dilakukan. Dengan berhasil membuat ZAA mundur dan melawan balik pimpinannya.

Baca juga:  Pesan Merawat Tradisi dari Film 'The Bajau'

“Kita memang tidak tahu seperti apa tepatnya dengan langkah politik ini. Akan tetapi, drama politik ini memang sengaja dimainkan untuk sebuah kepentingan besar. Siapa yang diuntungkan? Tentu kubu Anti yang tahu pasti,” tandasnya.*

(jay)