Dinamika Politik B-Heppy, Ketua Bappilu Sulteng : Hanura Akan Ambil Sikap

oleh -119 views

SANGALU, Luwuk – Bakal pasangan calon Samsulbahri Mang – Heppy Manopo (B-Heppy), nampaknya harus segera berbenah, jika ingin tetap mempertahankan koalisi partai yang telah mendukungnya.

Setelah sinyal PAN yang hengkang ke bakal paslon lain, kini giliran partai Hanura yang telah memberi Surat Tugas pada bacalon B-Heppy, mengirimkan warning jika partai itu akan segera bersikap.

Dalam rilis tertulis ketua Bappilu Hanura Sulteng, Aim Ngadi S.Kom, dikatakan bahwa sebagai partai politik yang diamanatkan sesuai undang-undang harus mengusung pasangan calon, maka Hanura akan bersikap tegas agar tidak terkesan terombang ambing. Terutama menyikapi pertanyaan-pertanyaan dari konstituan di tingkatan bawah, yang sudah menginginkan kepastian.

Baca juga:  Pilkada Banggai Menuju Tiga Paslon, setelah AT - FM Kantongi SK PKB

Kemdudian ditegaskannya, jika sampai dengan batas waktu yang ditentukan, B-Heppy tidak penuhi syarat minimal jumlah kursi partai koalisi, maka pihak Partai, baik di kabupaten ataupun di provinsi akan segera mengambil sikap tegas.

“Yaitu menyampaikan usulan ke DPP, agar melakukan pergantian pasangan yang akan diusung pada Pilkada Banggai 2020,” sebut Aim, Kamis (25/6) kemarin.

Sikap tegas ini diambil, lanjut Aim, setelah melalui pertimbangan mengikuti dinamika politik yang terjadi di wilayah Kabupaten Banggai saat ini. Dimana menurut beliau, hal sangat mendasar yang harus dipenuhi oleh bakal calon Bupati yang diusung oleh partai Hanura, adalah pasangan yang audah memiliki partai koalisi atau pasangan yang sudah memenuhi syarat untuk diusung.

Baca juga:  Awasi Coklit, Panwascam ikut Masuk Pedalaman Desa Boloak

“Tetapi hal ini tidak dilakukan oleh pasangan B-Heppy,” pungkas Aim.

Jika hal ini sampai berlarut larut, maka partai Hanura dipastikan alumni STMIK Bina Mulia Palu itu, bisa mengambil tindakan tegas dengan melakukan perubahan atau pergantian usungan ke kandidat yang dapat memenuhi kriteria yang dimaksud.

“Sampai saat ini, yang intens melakukan komunikasi masih ada dua pasang. Yakni Amirudin Tamoreka dan pasangannya. Kemudian Anti Murad dan pasangannya. Yang juga turut mendaftar di DPC Partai Hanura Banggai,” lanjutnya.

Baca juga:  Irwanto Kulap: AT-FM Adalah Solusi Bagi Masyarakat Banggai

Selain berbicara soal dinamika politik menjelang Pilkada Banggai, ketua Bappilu Hanura Sulteng itu juga menambahkan pihaknya saat ini akan fokus dalam memenangkan kader di 2 wilayah yang akan mengelar Pilkada Serentak di 2020. Yakni kota Palu dan Morowali Utara. Karena kemenangan kader, sebut Aim, akan berpengaruh besar dalam kerja-kerja partai selanjutnya.

“Partai Hanura di daerah hanya menunggu keputusan akhir yang akan dikeluarkan DPP. Jika itu sudah keluar, maka DPD maupun DPC, siap mengawal pasangan dalam kontestasi Pilkada Banggai,” tutup Aim Ngadi.*

(jay)