Aplikasi Belanja Online Pasar Tani Diluncurkan

oleh -58 views

SANGALU, Luwuk – Perekonomian masyarakat daerah, khususnya para petani yang ‘terjun bebas’ selama masa pandemi Covid-19 di kabupaten Banggai, oleh Pemerintah Daerah coba untuk kembali dihidupkan jelang penerapan new normal life.

Salah satu inovasi yang kembali dihadirkan Pemda Banggai, dengan melounching sebuah aplikasi belanja secara online, untuk hasil-hasil pertanian masyarakat. Bekerjasama dengan layanan ojek online Draiv, ‘Belanja Online Pasar Tani’ diluncurkan oleh Bupati Banggai, H Herwin Yatim, Kamis (11/6).

Peluncuran inovasi di sektor perekonomian masyarakat itu, dilaksanakan di halaman Dinas Peternakan, di kota Luwuk. Turut mendampingi Bupati, wabup H Mustar Labolo, sejumlah pejabat daerah, owner Draiv, para pelaku ojol Draiv, serta sejumlah ASN.

Baca juga:  TELADAN POLITIK KEMANUSIAAN DI TIMUR SULAWESI (Bagian I)

Menyampaikan kemudahan ‘belanja online pasar tani’ inovasi yang bekerjasama dengan Dinas Kominfo Banggai itu kemudian dipaparkan oleh Hasanudin Idris, selaku Kadis Kominfo Banggai.

Bahwa dengan layanan ini, akan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di rumah. Dimana warga yang ingin berbelanja seperti sayur dan buah hasil pertanian di daerah, tinggal memesannya di aplikasi Draiv. Aplikasi hasil karya anak daerah.

“Bisa offline juga. Dengan datang langsung belanja di tempat ini. Jika secara online dan tentunya akan lebih mudah, tinggal menggunakan aplikasi Draiv. Ketik pesan apa saja dalam aplikasi itu, dan para ojek Draiv siap mengantarnya langsung ke rumah,” paparnya.

Baca juga:  Beredar Video Rotasi Pejabat Pemda Banggai, Ketua Bawaslu: Sementara Kami Telusuri

Usai mempraktekkan langsung kemudahan ‘belanja online pasar tani’, Bupati Banggai kemudian menyampaikan apresiasinya atas inovasi yang dihadirkan untuk memudahkan masyarakat, sekaligus membangkitkan gairah perekonomian daerah ini.

“Ini juga merupakan sejarah baru. Dengan kreatifitas anak daerah, memasuki new normal life di Kabupaten Banggai, kita dapat menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan,” sebut Bupati Herwin.

Siap mendukung penuh program tersebut, Bupati kemudian berharap seluruh OPD dan stakeholder yang hadir, bisa melakukan hal sama. Terlebih melalui program ini, harga kebutuhan masyarakat lebih terjangkau ketimbang harga di pasar lainnya.

Bahkan, bupati meyakinkan jika program ini sukses ke depan, penyediaan lahan yang lebih baik akan disiapkan Pemda.

Baca juga:  Tiga Warga Toili Hanyut, Satu Ditemukan Meninggal Dunia

“Konsep pasar yang sangat bagus. Jika dalam bahasa daerahnya, mongoli pasar ale bai mamudah hondo kakanah kantumuan biasanyo i tano Banggai. Atau, membeli di pasar tani saat ini, sangat mudah sekali,” kata Bupati yang disambut tepukan semangat yang hadir.

Menambahkan penyampaian Bupati, wabup H Mustar Labolo kemudian mengajak seluruh masyarakat, khususnya di kota Luwuk, untuk berbelanja di pasar tani berbasis layanan online ini.

“Ini adalah terobosan yang cemerlang. Ketika kita butuh apa-apa, tinggal pakai aplikasi. Makanya saya mengajak seluruh masyarakat, untuk belanja di pasar tani tradisional ini,” kata Wabup.*

(jay)