Antisipasi Banjir, Warga dan Babinsa Buat Rakit dari Bambu

oleh -55 views
Warga tengah mengikat bambu untuk dijadikan rakit di Desa Minangandala, Kecamatan Masama, Banggai, Kamis (4/6). [SANGALU/ HO- Kodim 1308]

SANGALU, Masama – Acap kali kebanjiran tiap hujan turun, warga Desa Minangandala Kecamatan Masama bersama anggota Koramil 1308-06 Lamala menyiapkan rakit bambu. Pembuatan rakit telah berlangsung dua hari belakangan dan menghasilkan empat unit rakit.

Informasi yang berhasil dihimpun mengungkapkan bahwa pembuatan rakit bambu tersebut didasari atas wialyah Desa Minangandala yang tak pernah luput dari banjir setiap hujan mengguyur wilayah itu.

Tujuannya ialah untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk, dimana wilayah ini memang menjadi langganan banjir kala hujan turun.

Baca juga:  Dandim 1308 LB Tinjau Langsung Banjir Lamala

Terlebih di bulan Juni – Juli masuk dalam musim penghujan. Banjir sendiri kerap menyapa desa tersebut karena adanya pendangkalan sungai dan tersumbatnya aliran air drainase. Di saat banjir, rumah warga bisa terendam dari 30 centimeter hingga satu meter.

Adanya rakit bambu dikatakan dapat membantu masyarakat yang akan melalui jalan raya menuju wilayah lainnya. Rencananya, rakit bambu itu akan digunakan untuk mengangkut kendaraan bermotor masyarakat yang terjebak banjir.

“Rencana rakitnya akan ditempatkan di jalan yang sering putus karena tergenang air,” jelas Sertu Aswin, Babinsa di Kecamatan Masama, Kamis (4/6) malam.

Baca juga:  Tiga PDP asal Masama Ternyata Sempat Kontak dengan Penjual Kursi asal Makassar

Aswin menjelaskan bahwa pembuatan rakit bambu oleh masyarakat juga merupakan bentuk kesiapan penanggulangan bencana. Karena belum memiliki perahu karet maka alternatifnya ada rakit.*

 

(van)