Warga Positif COVID-19 di Bangkep hanya Satu Orang

oleh -3.565 views
Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola saat melakukan peninjauan laboratorium PCR COVID-19 di RS Undata, Palu, Kamis (30/4). [SANGALU/ HO-Humpro Sulteng]

SANGALU, Banggai Kepulauan – Warga positif COVID-19 di Banggai Kepulauan ternyata hanya seorang. Itu berdasarkan atas surat yang dikirim Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah atas hasil uji sampel swab dari Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dalam surat tersebut enam sampel dinyatakan positif COVID-19 dari total 14 sampel yang diperiksa Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Dua sampel diantaranya dari Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sayang, Jubir tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Banggai Kepulauan saat dikonfirmasi enggan menanggapi pesan awak media. Beberapa kali pesan terkirim sebelum adanya warga yang dinyatakan positif juga tak direspon. Gugus tugas Bangkep terkesan bungkam dan membiarkan opini berkembang di publik tanpa keterangan resmi.

Baca juga:  Pasangan Lansia 100 Tahun Miskin di Toima Bunta, Tak Dapat Bantuan Pemerintah

Meski begitu, seorang sumber terpercaya membenarkan informasi tersebut. Ia menyebutkan bahwa dari dua sampel yang dirilis positif sebenarnya hanya satu nama.

“Iya benar dua sampel yang dinyatakan positif dari Banggai Kepulauan. Namun, kedua sampel tersebut dengan satu orang yang sama,” terang sumber terpercaya dari Banggai Kepulauan, Rabu (6/5) malam.

Sumber menjelaskan bahwa setiap orang diambil dua sampel dan dikirim ke Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Nah, hasil uji atas kedua sampel seorang asal Banggai Kepulauan dinyatakan positif, sementara lainnya negatif.

Baca juga:  Wabup Mustar Ingatkan Anggota Hipmi Jangan Bermental Kontraktor

Baca jugaHasil Swab, Dua Warga Bangkep Terkonfirmasi Positif COVID-19

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Provinsi Sulteng Jumriani Yunus. Ia menjelaskan ada 14 sampel swab yang diperiksa, hasilnya enam dinyatakan positif.

“Benar tadi telah keluar hasil uji sampel swab dari Labkesda Pemrov Sulteng, dari 14 sampel swab itu terkonfirmasi positif corona ada enam sampel. Dua dari Kabupaten Bangkep dan empat dari Toli-Toli sisanya negatif,” terang Jumriani Yunus sebagaimana dilansir kabarluwukcom.

Informasi yang diterima media ini dua sampel uji swab terkonfirmasi positif dari wilayah Kabupaten Bangkep itu hasilnya baru akan dimasukan dalam update pusdatina nasional pada Kamis (7/5/2020). Pasalnya hasil uji swab enam terkonfirmasi positif itu baru keluar pada sekira pukul 17.00 wita sehingga laporannya baru akan dimasukan pada besok hari.*

Baca juga:  Legislator Malut Sisihkan Penghasilan untuk Warga Terdampak COVID-19 di Taliabu

(van)