Tolak GOR Jadi Tempat Karantina, Warga Kilper Desak Pemerintah Pindahkan OTG COVID-19

oleh -329 views
Aksi bakar ban oleh massa Kilongan Permai sebagai bentuk protes atas penggunaan GOR Kilongan sebagai tempat karantina OTG COVID-19, Sabtu (9/5) malam sekira pukul 22.30 Wita. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – Warga Kelurahan Kilongan Permai (Kilper) melakukan aksi penolakan terhadap pemanfaatan Gedung Olah Raga (GOR) Kilongan sebagai tempat karantina Orang Tanpa Gejala (OTG) COVID-19 di Kabupaten Banggai.

Sekira 40-an orang warga yang dipimpin Ketua Karang Taruna Kilongan Permai, Ipan Jimmy Sualang spontanitas menyambangi GOR Kilongan dan melakukan aksi bakar ban, Sabtu (9/5) sekira pukul 22.30 Wita.

Massa aksi juga membentangkan spanduk di gerbang akses masuk GOR dengan tulisan, ‘Kami Warga Kilper Menolak GOR Dijadikan Tempat Isolasi COVID-19’. Aksi massa spontanitas ini langsung disikapi Polres Banggai dan Kodim 1308/LB yang dipimpin Kabag Ops AKP Noperto bersama Danramil Luwuk Kapten Infanteri Supartono.

Baca juga:  Kepala Basarnas Palu Dampingi Investigasi Kebakaran Rescue Boat 204 di Luwuk

Warga mendesak pemerintah untuk memindahkan para warga yang dikarantina ke tempat yang lebih layak. AKP Noperto pada kesempatan itu menyampaikan bahwa pihaknya belum bisa menghubungi lurah, camat dan pemerintah setempat.

Ia menjelaskan bahwa TNI – Polri hanya sebagai tim pengamanan. “Semoga besok sudah ada kabar kita lihat nanti diusahakan pertemuannya di kelurahan,” paparnya.

Sementara itu, Oman Rauf, masyarakat Kilper menyampaikan bahwa pihaknya akan segera bubar. Ia mengakui seluruh masyarakat tidak menginginkan  keributan. Hanya saja, pihaknya menginginkan siapa saja yang dikarantina mendapatkan tempat yang lebih baik.

Baca juga:  Salat Ied Diinstruksikan Tegas Dilaksanakan di Rumah

“Tolong sampaikan ke pemerintah. Saudara-saudara, yang sakit itu diberikan tempat yang lebih layak. Jangan di gedung olah raga ini,” ungkap Oman.

Setelah menyampaikan orasinya, massa aksi akhirnya membubarkan diri pasa pukul 23.15 Wita. Informasi lainnya menyebutkan bahwa hari ini akan dilaksanakan rapat bersama Camat Luwuk Utara, Rifoldy Penak pada pukul 10.00 Wita.*

(van)