Senyum Bahagia Nenek 80 Tahun, usai Bedah Rumah Dilakukan Polsek Batui

oleh -186 views
Personil Polsek Batui saat melakukan bedah rumah milik nenek Maasia Nyamang (80) di Kelurahan Lamo, Kabupaten Banggai pekan lalu. [SANGALU/ HO- Polsek Batui]

SANGALU, Batui – Lansia 80 tahun ini tak bisa menahan haru, Ia larut dalam ungkapan syukur usai bedah rumah yang dilaksanakan Polsek Batui, Sabtu (23/5). Rumahnya yang dulu reot, kini terlihat lebih layak untuk dihuni. Itu menjadi salah satu berkah bagi keluarganya, sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Maasia Nyamang, nama pemilik rumah itu. Ia merupakan kepala rumah tangga bagi anaknya yang mengalami stroke dan dua orang cucu di rumah sederhana yang terletak di Kelurahan Lamo, Kecamatan Batui.

Sebagai kepala rumah tangga, keseharian nenek Maasia ialah menghidupi anak dan cucunya. Pendapatannya yang tak seberapa hanya digunakan untuk kebutuhan sembako. Rumah, belum masuk dalam daftar prioritasnya mengingat kondisi keuangan keluarga. Baginya, penghidupan keluarga paling utama.

Meski tinggal di gubuk yang kerap bocor kala hujan. Nenek Maasia tetap gigih mencari peruntungan lewat pekerjaan ringan dari para tetangga. Perhatian tetangganya pun disyukuri karena kerap membantu kebutuhan pokok.

Baca juga:  Matangkan Persiapan Pengamanan Pilkada 2020. Polres Banggai Gelar TFG

Suatu waktu, personil Polsek Batui yang rutin membagikan sembako setiap senin menyambangi rumah nenek Maasia. Setelah mendengar keluh kesahnya dan kesaksian tetangga. Kapolsek Batui, Iptu I Ketut Yoga Widata pun tersentuh, lalu berdiskusi dengan anggotanya.

I Ketut Yoga teringat pesan penting dari Kapolres Banggai AKBP Budi Priyanto, ‘tidak perlu menjadi istimewa, cukup tampil apa adanya. Tapi bisa membuat masyarakat tersenyum bahagia’.

“Ini merupakan implementasi dari arahan dan petunjuk bapak Kapolres Banggai AKBP Budi Priyanto, yang senantiasa mengajarkan jajarannya untuk selalu berbagi kepada masyarakat,” ungkap perwira Polri kelahiran 24 Mei 1980 itu.

Baca jugaODP Corona Terbanyak di Kabupaten Banggai ada di Batui

Kondisi rumah nenek Maasia sebelum dibedah personil Polsek Batui, beberapa waktu lalu. [SANGALU/ HO- Polsek Batui]
Yoga memaparkan, kondisi rumah nenek Maasia Nyamang sebelumnya memang sudah terlihat rapuh. Atap dari rumbia serta dinding papannya sebagian bocor. Itu yang kemudian mendorongnya bersama anggota Polsek Batui tergerak melakukan bedah rumah.

Baca juga:  Nenek 84 Tahun Selamat dari Banjir di Punggung Kapolsek

Proses bedah rumah dilakukan dengan beberapa tahapan, mulai dengan membongkar rumah lama, hingga membangun rumah baru. Tak hanya itu, penambahan volume bangunan rumah yang semula hanya berukuran 6×3 meter dengan 1 kamar tidur dan ruang keluarga, menjadi ukuran 6×7 meter dengan 2 kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga.

Atap yang semula rumbia, juga diganti dengan seng, termasuk mengganti keseluruhan rangka/konstruksi rumah dan dinding yang sudah lapuk dimakan rayap. Kemudian pengecoran lantai juga dilaksanakan, dari semula berlantai tanah.

Nenek Maasia Nyamang mengaku dirinya belum pernah menerima bantuan dalam bentuk apapun dari pemerintah. Bantuan yang diterimanya baru dari Polsek Batui. Terhitung, sudah enam kali korps Polri di wilayah Batui mengantarkan sembako melalui program Bosque kapolres Banggai.

Baca juga:  Usai Nonton Bola, Pria Toiba Tewas dengan Tiga Luka Tusuk

“Giat bedah rumah ini adalah bentuk kepedulian kami kepada masyarakat yang kurang mampu, cacat, sakit kronis, janda, duda dan yatim piatu yang ada di Kecamatan Batui,” terang Yoga.

Baca jugaKejang-kejang, Security Pertamina EP Mendadak Meninggal di Pos Penjagaan CPP Donggi

Kondisi rumah nenek Maasia usai dibedah personil Polsek Batui, Sabtu (23/5). [SANGALU/ HO- Polsek Batui]
Apresiasi masyarakat dan keluarga nenek Maasia pun mengalir. Rafalan doa mereka panjatkan atas syukur bedah rumah itu. Ungkapan terima kasih dan harapan semua jajaran Polres Banggai diberkahi pun mereka sampaikan. Sementara Yoga, bahagia melihat kesyukuran nenek Maasia dan keluarga.

Ia menjelaskan bahwa proses bedah rumah berjalan lancar berkat keseriusan anggotanya, personil Polsek Batui, Aipda Azhar bersama rekannya. Meski terlihat sederhana, namun bedah rumah yang dilakukan Polsek Batui sangat berarti bagi keluarga nenek Maasia dan keluarga.*

 

(ikb)