Rapid Test, Satu OTG dan Dua ODR Reaktif di Banggai

oleh -405 views

SANGALU, Luwuk – Rapid test yang dilakukan tim kesehatan kabupaten Banggai pada 101 ODR di 12 puskesmas, ditemukan 2 orang reaktif atau positif. Hasil positif rapid test juga diinformasikan terjadi pada 1 OTG, yang merupakan hasil penyelidikan epidimiologi, kontak erat pada pasien positif COVID-19 di Bangkep.

Dalam rilis Gugus tugas COVID-19 Banggai, Jumat (8/5) kemarin, jubir Nurmasita Datu Adam menerangkan bahwa pihaknya telah kembali melanjutkan pemeriksaan kesehatan pada pelaku perjalanan dari wilayah zona merah yang tiba di Luwuk.

Hasilnya, sebanyak 101 orang yang diperiksa dengan rapid test di 12 puskesmas se kabupaten Banggai, 2 orang menunjukkan reaksi positif.

Pemeriksaan rapid test pada ODR di 12 puskesmas berjumlah 101 orang, hasil rapid test 99 orang non reaktif, sementara 2 lainnya dinyatakan reaktif.

Baca juga:  4.327 Pelamar, 232 Gugur Verifikasi Berkas CPNS Balut

“Besok (hari ini, red) akan dilakukan pemeriksaan Swab dan sampelnya akan dikirimkan ke UPT Labkes provinsi di Palu untuk dilakukan pemeriksaan. Sebab, sampel swab yang akan menentukan positif negatifnya COVID-19,” tulis Jubir Gugus Tugas COVID-19 Banggai, dalam laporan update hari ini, Jumat (8/5).

Untuk kasus ODP, jubir Nurmasita Datu Adam juga mengungkapkan kembali terjadi penambahan 3 kasus ODP baru per hari ini. Sehingga total ODP menjadi 42 orang, diantaranya 29 sembuh, 4 naik status PDP, dan 9 sementara dipantau.

Hasil pelacakan terhadap warga kabupaten Banggai yang sempat kontak dengan pasien positif di Bangkep, juga dikatakan dari penyelidikan epidiomilogi, ditemukan hanya 1 orang. Namun hasil pemeriksaan masih menunggu hingga saat ini.

“Hari ini (juga) dilakukan pemeriksaan rapid test kepada seorang OTG yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19 di Bangkep. Itu berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi,” katanya.

Baca juga:  Apresiasi Kepedulian Lingkungan GAM, Haji Amir Bantu Mobil Operasional

Satu orang warga di kecamatan Bunta, yang merupakan hasil penyelidikan epidiomilogi kontak pasien positif COVID-19 di Bangkep, telah dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan rapid test. Hasilnya disebutkan reaktif atau positif (belum dipastikan apakah infeksi COVID-19).

Baca juga: Akses Masuk ke Luwuk via Pelabuhan, Hari Ini Ditutup

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola saat melakukan peninjauan laboratorium PCR COVID-19 di RS Undata, Palu, Kamis (30/4). [SANGALU/ HO-Humpro Sulteng]

OTG Positif

Hingga akhirnya tersebar informasi yang menyebut jika hasil pemeriksaan rapid test oleh tim surveilans puskesmas Bunta, positif pada seorang warga kecamatan Nuhon. Terkategori klaster OTG, warga itu juga diketahui sebelumnya bersama-sama pasien positif COVID-19 di Bangkep, menghadiri acara keagamaan di Surabaya.

Baca juga:  NasDem Banggai Bagi Masker dan Vitamin ke Pengguna Jalan di Luwuk

Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Banggai, dr Anang Otoluwa, memastikan informasi itu. Namun ditambahkannya, pemeriksaan lebih lanjut akan kembali dilakukan di RSUD Luwuk.

Termasuk masih akan dilakukannya pengambilan sampel swab untuk diuji di labkes Sulteng. Untuk mengetahui apakah OTG yang positif rapid test ini, terpapar COVID-19.

Informasi yang dihimpun, ketiga orang positif rapid test, yakni 1 OTG dan 2 ODR, juga akan diisolasi di RSUD Luwuk.*

 

(jay)