PPNI Layangkan Surat Permintaan Hearing ke DPRD Banggai

oleh -104 views
Perawat (SANGALU/Ilustrasi)

SANGALU, Luwuk – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) kabupaten Banggai, meminta kepada DPRD Banggai untuk menggelar hearing terkait hak mereka yang belum diterima. Hal itu disampaikan Muh Ramadan, perwakilan PPNI Banggai, Rabu (6/5) kemarin.

Dalam keterangannya, Muh Ramadan mengatakan, bahwa sebagai informasi awal terkait persoalan dana kapitasi/non kapitasi, PPNI sebelumnya telah melakukan langkah awal, dengan menghubungi komisi III DPRD Banggai.

Dalam penjelasan dari salah satu aleg fraksi Golkar di komisi III, kata dia, bahwa telah dibentuk pansus untuk mengusut masalah kapitasi ini. Pansus yang dilaksanakan sejak tanggal 25 hingga 29 April 2020.

Baca juga:  Legislator Bahas Tertutup RAPBD 2020, Ada Apa?

“Jawabannya sudah ditanyakan oleh tim pansus kepada dinas kesehatan. Bahwa dana kapitasi/non kapitasi berjumlah kurang lebih Rp 4.7 M, berada di badan keuangan daerah. Selanjutnya oleh dinas kesehatan, sudah mengajukan SPP ke keuangan berdasarkan kebutuhan hak dari para medis. Namun oleh dinas keuangan yang dicairkan hanya Rp 1,7 M,” terang Muh Ramadan, dalam keterangan tertulisnya.

Surat permintaan hearing PPNI ke DPRD Banggai

Dalam penjelasan kepada dewan, Dinas Kesehatan dikatakan Muh Ramadan lagi, jika tidak mampu menjelaskan soal itu. Bahkan sekban keuangan, juga tidak bisa menjelaskan mengenai sisa dana Rp 2 M hingga Rp 3 M itu, kapan akan dibayarkan.

Baca juga:  Pemda Banggai Bayar Tunggakan Listrik PLN Rp1,3 Miliar

“Selanjutnya pansus nanti menunggu LHP-BPK direkomendasi seperti apa, di bulan Mei nanti, terkait masalah ini,” lanjutnya.

“Apa mungkin dana kapitasi/non kapitasi digunakan oleh pemda untuk kegiatan yang lain? Ini yang kemudian kami dari PPNI kabupaten Banggai, Insha Allah dipimpin langsung ketum, akan melakukan audiensi Senin besok dengan ketua DPRD dan Ketua Komisi anggaran,” ungkap Muh Ramadan.

“Yang sekaligus mengantarkan surat permintaan hearing antara PPNI, Dinkes, badan keuangan, dan BPJS, terkait hak teman-teman ini,” tandasnya. *

Baca juga:  Resmi Cuti, Herwin Yatim Serahkan Aset Dinas

(jay)