Pilkada Serentak Disetujui 9 Desember 2020

oleh -316 views

SANGALU, Jakarta – Pemerintah yang diwakili Mendagri, bersama Komisi II DPR RI, KPU, Bawaslu, dan DKPP, Rabu (27/5), telah menggelar rapat kerja atau hearing terkait kepastian waktu pelaksanaan Pilkada Serentak.

Dalam kesimpulan rapat tersebut, diinformasikan ada 3 point kesepakatan bersama antar lembaga itu. Dimana salah satu point pentingnya, yakni dipastikannya Pilkada Serentak diselenggarakan pada 9 Desember 2020.

Isi surat kesimpulan rapat yang didapatkan awak media ini, dalam point pertama dikatakan bahwa berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh KPU RI, langkah-langkah kebijakan dan situasi pengendalian oleh pemerintah, termasuk saran usulan dan dukungan dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, maka komisi II DPR bersama Mendagri dan KPU, setuju pemungutan suara serentak dilaksanakan  9 Desember.

Baca juga:  Tingkatkan Perekonomian Daerah, Hipmi Dorong Pengesahan UU Wirausaha

Hal itu sesuai dengan Perppu nomor 2 tahun 2020, tentang perubahan ketiga atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan Perpu nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang.

Point kedua kesimpulan rapat, ketua komisi II DPR RI, juga menyetujui usulan perubahan rancangan PKPU RI tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 tahun 2019, tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan yang tahapan lanjutannya dimulai pada 15 Juni 2020.

Baca juga:  Proyek Bencana, Akademisi : Saatnya Penegak Hukum Bertindak

Dengan syarat bahwa seluruh tahapan Pilkada harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, berkoordinasi dengan gugus tugas Covid- 19, serta tetap berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi.

Pada point ketiga, komisi II DPR RI meminta kepada KPU, Bawaslu, dan DKPP , untuk mengajukan usulan anggaran tambahan terkait Pilkada di Provinsi, Kabupaten, Kota, secara rinci untuk selanjutnya dibahas Pemerintah dan DPR RI.

Meski surat kesimpulan rapat yang digelar baru saja itu, telah ditandatangani ketua Komisi II selaku pimpinan rapat, secara resmi keputusan Pilkada Serentak terselenggara 9 Desember, baru bisa dipastikan setelah surat keputusan bersama ditandatangani seluruh lembaga berwenang. *

Baca juga:  Bawaslu Rekomendasikan Bupati Banggai dan Morut TMS di Pilkada 2020

(jay)