Legislator Bangkep Kritik Kinerja Jubir Gugus Tugas COVID-19

oleh -368 views

SANGALU, Banggai Kepulauan – Kinerja tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menuai sorotan. Pasalnya, juru bicara (Jubir) yang seyogyanya bertugas menyampaikan informasi justru terkesan bungkam saat dikonfirmasi sejumlah media.

Alhasil, sejumlah informasi beredar luas dari warga ke warga hingga menimbulkan kepanikan. Jubir COVID-19 Bangkep terkesan tidak bekerja maksimal. Padahal, klarifikasi atas informasi sejatinha segera disampaikan agar tidak menjadi bola liar dan meresahkan.

Baca jugaWarga Positif COVID-19 di Bangkep hanya Satu Orang

Baca juga:  Kisah Danau Tendetung di Banggai Kepulauan

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bangkep, Irwanto T Bua mengaku sangat mengapresiasi kinerja tim Gugus Tugas Bangkep dalam penanggulangan penyebaran wabah COVID-19. Namun, menurutnya perbaikan mesti dilakukan pada jajaran Jubir COVID-19.

“Saya mengapresiasi kerja-kerja Tim Gugus Tugas yang telah berjibaku menangani potensi penularan wabah ini. Tapi ada beberapa hal yang harus dimaksumalkan, utamanya penyajian informasi seperti yang terjadi malam ini,” kata pria yang akrab disapa Iwan ini, Rabu (6/5) malam.

Menurutnya, sikap Jubir COVID-19 yang tak sigap memberikan keterangan akhirnya menjadi bola liar dalam penyajian informasi publik. Parahnya, beberapa informasi terkait privasi pasien justru keluar. Itu bahkan disebarkan oleh masyarakat dari grup ke grup whatsapp.

Baca juga:  Warga Buko Sambut Idul Adha di Tengah Banjir

“Setidaknya dengan penjelasan sedikit sehingga masyarakat lebih tenang karena mengetahui bahwa petugas telah bekerja melakukan upaya maksimal,” ungkapnya.

Politikus partai Golkar ini mengharapkan kritikan yang dilontarkannya dimaknai sebagai bentuk sumbangsi pikiran positif, dalam upaya memaksimalkan peran dan kinerja Satgas COVID-19. Sebab saat ini mau tidak mau masyarakat cenderung mengonsumsi informasi yang beredar deras di luar ketimbang pernyataan resmi Satgas melalui Jubir.

“Konsekuensinya seperti itu. Tidak ada pilihan lain bagi masyarakat untuk mengupdate informasi,” pungkasnya.

Baca juga:  Pertahanan Balut Jebol, Warga Diimbau Jangan Panik

Awak media sangalu.com juga beberapa kali coba menghubungi Jubir COVID-19 Bangkep, Arabia. Namun, pesan yang terkirim hanya dibaca tanpa berbalas. Bahkan, sebelum adanya konfirmasi positif COVID-19 asal Bangkep, pertanyaan terkait kinerja satgas dalam pencegahan pun tak berbalas.*

 

(van)