Jaga Keamanan Ruang Isolasi, 18 Anggota TNI Jalani Rapid Test

oleh -60 views
Anggota TNI yang bertugas dalam pengamanan ruang isolasi COVID-19 saat mengantre giliran rapid test, Kamis (28/5). [SANGALU/ Kodim 1308]

SANGALU, Luwuk –Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan pemeriksaan rapid test kepasa anggota TNI yang beetugas menjaga keamanan di ruang isolasi pasien positif.

Dandim 1308/Luwuk Banggai, Letkol Inf Fanny Pantouw, mengungkapkan kegiatan rapid test oleh tim medis Puskesmas Kelurahan Baru terhadap 18 orang anggota TNI, perlu diapresiasi.

Ia juga menjelaskan bahwa selain dilaksanakan protokol kesehatan berupa rapid test, kami dari pihak TNI akan selalu dan terus berupaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, serta ikut membantu pemerintah baik dalam pembuatan tempat cuci tangan di Makodim, dan jajarannya yakni di Koramil – 01 sampai dengan Koramil – 13 di wilayah Teritorial Kodim 1308/Luwuk Banggai.

Baca juga:  GAM Tunjukkan Konsistensi Jaga Kebersihan Lingkungan

Selain pembuatan tempat cuci tangan, TNI juga melaksanakan pembagian masker kepada anggota prajurit dan masyarakat yang membutuhkan. Kemudian, penyemprotan disinfektan di kantor-kantor dan fasilitas umum, pembuatan dapur umum untuk masyarakat ekonomi lemah, serta pembuatan demplot ketahanan pangan.

Loyalitas serta peran masyarakat untuk selalu menjaga kesadaran masing-masing dengan mengikuti protokol kesehatan menurutnya akan membuat upaya pemutusan mata rantai virus berjalan sesuai harapan.

“Saya berharap, upaya pemutusan mata rantai Pandemi COVID-19 ini tetap dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol atau aturan dari pemerintah sesuai dengan SOP yang ada,” tuturnya.

Senada, Komandan Rayon Militer (Koramil ) 1308-01/Luwuk Kapten Inf Supartono mengatakan bahwa Kodim 1308/LB melalui Koramil-01/Luwuk berterima kasih atas kerjasama yang dilakukan Tim Medis Penanganan COVID-19 Pukesmas Kelurahan Baru.

Sebab telah melakukan langkah-langkah penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona serta berusaha untuk memutus mata rantai Pandemi COVID-19 di wilayah Teritorial Koramil-01/Luwuk.

Baca juga:  Amlin Usman Nyatakan Mundur dari Jabatan Sekretaris KNPI Banggai versi 'Satu Nafas'

Kegiatan rapid test ini menurutnya sangat positif. Karena anggota Koramil-01/Luwuk bersama Organisasi Perangkat Daerah melalui Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Kabupaten Banggai, ikut berperan aktif dalam pengamanan objek gedung SKB Dinas Pendidikan tempat isolasi pasien COVID-19.

“Syukur alhamdulillah, hasil rapid test terhadap 18 orang anggota TNI tersebut, oleh Tim Medis menyatakan negatif,” ungkapnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja dan kepercayaan diri anggotanya yang bertugas pengamanan, maka perlu diadakan rapid test. Sebab, anggota TNI yang melaksanakan Pengamanan berada di lingkungan isolasi pasien COVID 19.

Baca juga:  Obama-Heppy Ajak Semua Paslon Bantu Pemerintah Hadapi Corona

“Semoga ke depan anggota tetap diberikan kesehatan sehingga kita bekerja lebih maksimal dalam membantu pemerintah terkait penanganan dan pencegahan Pandemi COVID-19”, tutur Kapten Inf Supartono.

Turut hadir dalam kegiatan yakni antara lain, Danramil 1308-04/Kintom Kapten Inf Herman bersama 2 anggota Satgaster 2020, Kepala Puskesmas Kelurahan Baru drg. Sri Dewi Susanti, beserta staf yakni dr. Faramida M Saud dan Nadia Dwi Pratiwi, STR. AK, anggota Staf Teritorial Kodim 1308/LB dan anggota Polkes 13.10.03 Luwuk Banggai.*

 

(fer)