Tak hanya Listrik, Tagihan Air juga bisa Gratis

oleh -210 views
Ilustrasi meteran air PDAM. [SANGALU/ Google]

SANGALU, Luwuk – Kebijakan Presiden Joko Widodo, menggratiskan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA, mendapatkan respon positif dari masyarakat luas.

Kebijakan yang langsung ditindaklanjuti PT. PLN (Persero) dengan menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program tersebut, ternyata menjadi kabar baik di tengah kekhawatiran masyarakat terhadap ancaman penyebaran Wabah COVID-19.

Kabar baik lainnya yang ditunggu masyarakat, apakah kebijakan itu akan diikuti dengan kebijakan untuk menggratiskan pula iuran air dari PDAM.

Baca juga:  Puluhan Pengurus KNPI 'Satu Nafas' Disebut Siap Ikuti Jejak Amlin Usman

Aleg dari Komisi 3 DPRD Banggai Irwanto Kulap, menyampaikan kebijakan untuk menggratiskan iuran air di masa tanggap darurat karena ancaman virus Corona ini sah-sah saja, jika ada kebijakan dari Kepala Daerah karena status PDAM adalah Badan Usaha Milik Daerah, dan asalkan kebijakan tersebut betul-betul diperuntukkan bagi pelanggan yang masuk kategori Rumah Tangga Miskin (RTM).

Baca juga:

Baca juga:  Legislator Banggai Sumbangkan Rp700 juta untuk Tangani COVID-19

Karena imbauan untuk membatasi aktivitas dengan sebisa mungkin berdiam di rumah, jelas akan berdampak pada melemahnya daya beli dan perekonomian masyarakat, terutama yang masuk kategori RTM.

“Perusahaan nasional seperti PLN saja bisa apalagi perusahaan daerah. Tidak ada masalah selama kebijakan itu tepat sasaran dan kami siap kawal jika ada usulan yang masuk ke dewan,” begitu pernyataan Irwanto Kulap, via sambungan telepon seluler, Minggu (5/4/2020).

Sayang, Direktur PDAM Arwin Alimun saat dihubungi terkait hal ini, belum terhubung.

Baca juga:  Ini Delapan Peluang Investasi di Banggai

Pantauan awak media ini, isu soal keinginan iuran air gratis dari PDAM, sudah mulai diperbincangkan oleh netizen di Kota Luwuk mulai akhir pekan ini.*

 

(kib)