Rapid Test, Seorang PDP Positif Corona di Banggai

oleh -5.326 views

SANGALU, Luwuk – Setelah dilakukan uji cepat dengan rapid test, seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Banggai dinyatakan positif Corona Virus Disease (COVID-19).

Humas Tim Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan penyebaran COVID-19 di Banggai, Nurmasita Datu Adam menjelaskan bahwa seorang PDP dalam keadaan baik dan tengah menjalani isolasi mandiri tersebut dalam keadaan baik.

“Hasil tes cepat menggunakan rapid test PDP 1 dinyatakan positif. Namun hasil pemeriksaan Swap-nya negatif. Tim medis masih menunggu hasil Swap kedua,” paparnya dalam rilis dalam grup Media Centre COVID-19, Kamis (2/4).

Baca juga:  Cegah Covid-19, Pemcam Totikum Selatan Sosialisasikan Perbup No.23 Tahun 2020

Baca juga:

Sebelumnya, pernah dijelaskan bahwa rapid test merupakan alat uji cepat mendeteksi virus. Namun, alat ini mendeteksi seluruh virus yang ada di dalam tubuh, tak terkecuali corona.

“Kalau rapid test itu fungsinya memang mendeteksi virus. Tapi belum tentu itu virus corona. Oleh karena itu dibutuhkan hasil uji lab sampel dahak,” jelas Kepala RS Undata Palu beberapa waktu lalu melalui grup Media Centre COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca juga:  Ketika Mangrove jadi Sumber PAD di Banggai

Saat itu, pria yang akrab disapa dr Her ini menanggapi pertanyaan terkait pemberitaan seorang di Toli-toli dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test.

Diketahui berdasarkan informasi yang disampaikan tim gugus tugas, bahwa ada ketambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Banggai. Dari data sehari sebelumnya berjumlah 17 ODP dengan tiga orang dinyatakan sembuh, kembali ketambahan 3 ODP baru. Sehingga total ODP yang terdata saat ini mencapai 20 orang.*

 

 

(van)