PDP Banggai Bertambah, Satu Pasien Rujukan Toili Menuju RSUD Luwuk

oleh -4.575 views
Ilustrasi [SANGALU/ Kanal Aceh]

SANGALU, Toili – Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 Kabupaten Banggai bertambah. Seorang pasien asal Toili dikabarkan tengah dirujuk ke RSUD Luwuk, Sabtu (18/4) siang.

Informasi diterima redaksi sangalu.com, seorang pasien dengan keluhan mirip COVID-19 tengah dipersiapkan untuk dirujuk ke Ruang Isolasi COVID-19 di RSUD Luwuk. Pasien tersebut berasal dari Kecamatan Toili.

Kabar itu tidak dibantah Kepala RSUD Luwuk, dr Yusran Kasim. Dikonfirmasi via pesan singkat WhatsApp, dr Yusran Kasim mengatakan pasien belum tiba di RSUD Luwuk. Dalam jawaban singkatnya, Ia mengungkapkan bahwa pasien masih dalam perjalanan.

Baca juga:  Rendi Hidayat : Rindu Terhalang Corona

“Belum sampai di RS,” singkatnya, menjawab pertanyaan apakah pasien (PDP) rujukan Puskesmas Toili sudah tiba di Ruang Isolasi COVID-19 RSUD Luwuk .

Baca juga:

Jubir COVID-19 Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam saat dihubungi mengaku belum mendapatkan informasi dari pihak RSUD Luwuk. Jika sudah ada, Ia mengatakan akan merilis daftar perubahan pemantauan COVID-19 Kabupaten Banggai.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Toili II, Sutanyo mengatakan bahwa pasien sudah dirujuk ke RSUD Luwuk. “Sudah tadi jam 11 siang,” katanya menjawab pertanyaan apakah pasien (PDP) rujukan dari Toili sudah berangkat ke RSUD Luwuk.

Diketahui, update perubahan data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 Kabupaten Banggai, memang biasanya dilaksanakan Tim Gugus Tugas COVID-19 pada pukul 14.00 – 16.00 Wita setiap hari.

Baca juga:  Ini Delapan Peluang Investasi di Banggai

Berdasarkan rilis tim gugus tugas percepatan penanggulangan COVID-19 Kabupaten Banggai per 17 April 2020, jumlah PDP kumulatif sudah mencapai 5 orang.

Seorang diantaranya asal Puskesmas Toili, setelah dua kali pemeriksaan Swab, hasilnya negatif dan sudah dipulangkan. Seorang lagi asal Puskesmas Nambo, baru ditetapkan belum dirujuk sudah meninggal dunia.

Kemudian, tiga orang lainnya asal Puskesmas Tangeban, Kecamatan Masama saat ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi COVID-19 RSUD Luwuk.

Hari ini, seorang lagi dari Puskesmas Toili, sehingga total kumulatif menjadi 6 orang PDP. Namun, yang masih menjalani perawatan hanya 4 orang.*

Baca juga:  Talk Show di Blasmaone FM, Bupati Banggai Harap Dukungan Seluruh Masyarakat

(van)

 

Catatan:

Berita ini telah diralat Kepala Puskesmas Toili II, Sutanyo. Bahwa terdapat miskomunikasi saat dirinya menjawab pertanyaan awak media. Pasien yang dirujuk bukan PDP, tapi pasien umum. Selengkapnya silahkan baca disini.