Morowali Utara Berduka, Bupati Aptripel Meninggal Dunia di Makassar

oleh -2.046 views
Almarhum Bupati Morowali Utara, Ir. Aptripel Tumimomor M.T. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Morut – Kabupaten Morowali Utara (Morut) berduka. Salah satu putra terbaiknya, Ir. Aptripel Tumimomor MT, dikabarkan meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di salah satu Rumah Sakit di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (2/4) sekira pukul 22.30 Wita.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Haris Kariming mengungkapkan berita terkait berpulangnya Bupati Morowali Utara benar adanya.

Ia menjelaskan Bupati Aptripel dirujuk ke Makassar karena penyakit yang dideritanya membutuhkan penanganan lebih serius.

Baca juga:  Gersang, Polres Banggai Mulai Ditanami Pohon Pelindung dan Buah

Sebelum dirujuk ke Makassar, Bupati Aptripel sempat menjalani pemeriksaan. Awalnya, dokter yang menangani pengobatannya menduga Ia terpapar COVID-19.

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan melalui rapid test di RS Kolonodale pada tanggal 31 Maret 2020, hasilnya negatif.

Baca juga:

Bupati Aptripel akhirnya dirujuk ke Makassar dengan diagnosa atas penyakit lain, pada tanggal 4 April 2020. Haris kembali menekankan bahwa Bupati Aptripel dirujuk bukan karena COVID-19. Saat diberangkatkan, almarhum tidak berstatus sebagai ODP atau PDP.

“Laporan yang kami terima pagi tadi, Bupati Morut negatif COVID-19. Beliau dirujuk ke Makassar karena penyakit lain,” terang Haris, tanpa menjelaskan rincian penyakit apa yang tengah diderita pria kelahiran Petasia, 3 April 1966 itu.

Baca juga:  Diduga Terkendala Biaya Bersalin, Bayi Meninggal Sebelum Operasi Cesar

Mengenai penyakit yang diderita pria yang menjabat Bupati Morowali Utara sejak tanggal 17 Februari 2016 itu menurut Haris tak etis untuk dijabarkannya. Sebab, mengenai penyakit bawaan beliau adalah rekam medik dan bukan kewenangannya untuk memaparkan.

“Atas nama pemerintah dan gubernur Sulawesi Tengah, saya mengucapkan turut berbelasungkawa dan berduka cita,” ungkapnya.

Terkait kapan pemakamannya, saat ini tengah diatur pihak keluarga dan pemerintah Kabupaten Morowali Utara. Sebab, berdasarkan amanat almarhum, Ia ingin dimakamkan di Morowali Utara.*

Baca juga:  Cemari Laut Bahodopi, Pemilik Golden 11 Abaikan Panggilan Pemkab Morowali

 

(hms)