Kebakaran di Pelabuhan Ferry ASDP, Api Diduga Bermula dari Kapal Basarnas

oleh -1.590 views
Dua kapal terbakar di areal Pelabuban Ferry ASDP Luwuk, Sabtu (25/4) dini hari tadi. [SANGALU/ Acho Akinawa]

SANGALU, Luwuk – Kebakaran hebat yang melanda dua kapal di area Pelabuban Ferry ASDP Luwuk, Sabtu (25/4) dini hari, diduga kuat bermula dari kapal milik Badan SAR Nasional (Basarnas).

Acho Akinawa, warga Tanjung Sari, Kelurahan Karaton mengungkapkan bahwa kebakaran diketahui warga setempat pada pukul 01.20 Wita.

Saat berada di lokasi, Ia melihat kepanikan terjadi pada seluruh warga nelayan setempat. Pasalnya, kapal fiber milik nelayan berdampingan dengan kapal yang terbakar milik Basarnas.

Baca juga:  Bikers Bastomo Bagikan Sembako ke Komunitas Adat Terpencil Tombiobong

Baca juga:

Seorang warga memberi instruksi untuk segera mengeluarkan kapal nelayan dari areal Pelabuban Ferry ASDP Luwuk, Sabtu (25/4) dini hari tadi. [SANGALU/ Acho Akinawa]
Upaya gotong royong pun dilakukan untuk mengeluarkan kapal nelayan dari api. Tiga kapal berhasil dikeluarkan nelayan, namun satu kapal tak sempat dipindahkan. Api dengan cepat membesar dan menghanguskan dua kapal itu sebelum akhirnya pemadam tiba di lokasi.

“Dugaan kuat api dari kapal Basarnas. Kapal yang satu itu milik nelayan Tanjung. Tadi mereka panik, untung masih sempat keluarkan kapal yang lain,” terangnya via pesan singkat WhatsApp.

Belum ada informasi terkait penyebab kebakaran. Pun dengan informasi apakah kejadian itu memakan korban jiwa atau tidak.

Hanya saja, kerugian materil diperkirakan mencapai miliaran. Sebab kapal Basarnas yang tengah berlabuh itu dilengkapi dengan berbagai alat keselamatan dan kebutuhan kegiatan SAR.*

Baca juga:  Beredar Video Rotasi Pejabat Pemda Banggai, Ketua Bawaslu: Sementara Kami Telusuri

 

(van) 

 

Video: Kapal Basarnas Terbakar