Kapal Basarnas yang Terbakar Berisi 7 Ton Solar, Persiapan Operasi SAR di Perairan Bangkep

oleh -469 views
Seorang warga memberi instruksi untuk segera mengeluarkan kapal nelayan dari areal Pelabuban Ferry ASDP Luwuk, Sabtu (25/4) dini hari tadi. [SANGALU/ Acho Akinawa]

SANGALU, Luwuk – Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Banggai sempat kewalahan memadamkan api yang menghanguskan dua kapal di areal Pelabuhan Ferry ASDP Luwuk, Sabtu (25/4) dini hari.

Bahkan sempat terjadi ledakan saat peristiwa itu berlangsung. Sumber ledakan diduga kuat berasal dari tangki bahan bakar kapal. Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan jika kapal basarnas sebelumnya baru terisi 7 ton solar.

Pengisian solar untuk kebutuhan para rescuer menuju Kabupaten Banggai Kepulauan. Sebab, ada laporan seorang penumpang KM Fungka terjatuh ke laut saat pelayaran. Sayang, belum sempat berangkat kapal itu keburu terbakar.

Baca juga:  Bupati Banggai Resmi Berhentikan Dua Anggota BPD Tuntung

Baca juga:

Dua kapal terbakar di areal Pelabuban Ferry ASDP Luwuk, Sabtu (25/4) dini hari tadi. [SANGALU/ Acho Akinawa]
Koordinator Basarnas Pos SAR Luwuk, Liberatus Fangohoi saat coba dimintai keterangan terkait peristiwa ini belum terhubung. Demikian pula dengan Kepala Basarnas Palu, Basrano. Pesan singkat yang dikirim telah dibaca, namun belum ditanggapi.

Meski begitu, mantan Koordinator Basarnas Pos SAR Luwuk yang kini berkantor di Palu, Arifuddin tak menepis informasi mengenai rencana keberangkatan kapal menuju Banggai Kepulauan.

Baca juga:  Enam Warga yang Hilang di Kecamatan Nambo Ditemukan Selamat

“Iya, teman-teman memang rencananya mau ke Banggai Kepulauan karena ada laporan orang jatuh dari KM Fungka semalam,” terang Arifuddin, Sabtu (25/4) pagi.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Namun, Ilyas Djafar salah satu personil Syahbandar Luwuk mengungkapkan berdasarkan laporan yang mereka terima, kebakaran bermula dari kamar mesin kapal.

Api kemudian membesar dan merembet ke ruangan lain, hingga menghanguskan kapal nelayan yang berlabuh di sebelahnya.*

 

 

(van) 

 

Baca juga:  Dua Pejabat Utama dan Kapolres di Sulteng Berganti

Video: Kapal Basarnas Terbakar