Jubir COVID-19 Nurmasita: Jumlah PDP Banggai 7 Orang di RSUD Luwuk

oleh -993 views
Ilustrasi [SANGALU/ Antara]

SANGALU, Luwuk – Jumlah kenaikan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Kabupaten Banggai yang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Luwuk naik drastis per 18 April 2020.

Berdasarkan rilis Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam bahwa jumlah PDP yang sebelumnya hanya 3 orang asal Kecamatan Masama, hari ini naik menjadi 7 orang. Sebab empat ODP asal Masama naik status jadi PDP dan tengah menjalani perawatan.

“PDP lama ada tiga orang dan ketambahan PDP baru sebanyak 4 orang saat ini di ruang isolasi COVID-19 RSUD Luwuk. Untuk hasil rapid test ke tujuh PDP oleh tim medis dinyatakan negatif,” ungkapnya, Sabtu (18/4) sore sekira pukul 15.15 Wita.

Baca juga:  Morowali Utara Berduka, Bupati Aptripel Meninggal Dunia di Makassar

Baca juga:

Jubir Nurmasita mengatakan, sampel dahak (Swab) ketujuh PDP tersebut sudah diambil oleh tim medis. Rencananya, besok akan dikirim ke Laboratorium di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Hari ini telah dilakukan pengambilan sampel swap pada ke 7 PDP, dan akan dikirimkan besok dengan pesawat Batik Air ke BBLK Makassar untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Jubir Nurmasita.

Baca juga:  Antisipasi COVID-19, Bupati Banggai liburkan sekolah selama dua pekan

Melihat penambahan jumlah PDP tersebut maka total PDP secara kumulatif di Kabupaten Banggai sudah 9 orang. Itu termasuk seorang yang meninggal di Kecamatan Nambo dan seorang lagi dari Kecamatan Toili Barat yang sudah dinyatakan negatif/ sehat.

Beberapa langkah antisipasi COVID-19 juga terus digalakkan pemerintah daerah. Termasuk memperketat pendatang ke wilayah Kabupaten Banggai terus digiatkan, termasuk pemeriksaan di pintu masuk wilayah Kecamatan Nuhon dan Toili Barat. Selain itu, ada juga penyemprotan cairan desinfektan di wilayah-wilayah tertentu seperti di Kecamatan Nambo.*

Baca juga:  Jangan Sampai Salah Merek!!!

 

(van)