Gugus Tugas Covid-19 Banggai, Periksa Pendatang Pakai Rapid Test di Bandara Luwuk

oleh -163 views

SANGALU, Luwuk – Saat ini jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, terus meningkat. Update Nasional hingga Minggu (12/4), telah ada 4.241 orang positif virus corona, dengan diantaranya 373 meninggal dunia dan 359 orang sembuh. Sementara untuk wilayah Sulawesi Tengah, terdata telah ada 19 kasus positif, dengan 2 orang meninggal dunia dan 2 orang dinyatakan sembuh.

Untuk kabupaten Banggai sendiri, sejauh ini berkat sejumlah upaya pencegahan yang dilakukan Pemda bersama masyarakat, belum ada satupun kasus positif Covid-19. Update Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Banggai Minggu kemarin, jumlah ODP yang dinyatakan aman bertambah. Dari 27 ODP, telah 12 dinyatakan sembuh.

Namun, belum ada bukan berarti kewaspadaan harus dilemahkan. Oleh Pemda dan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Banggai, sejumlah upaya mencegah virus mematikan ini masuk ke daerah, terus digalakkan.

Baca juga:  Manfaatkan Kebakaran, 37 Warga Binaan Kabur Dari Lapas di Sigi

Terbaru, penerapan pemeriksaan kesehatan berupa rapid test, bagi seluruh orang yang masuk di daerah, melalui bandara SA Amir Luwuk.

Pemeriksaan menggunakan rapid test di bandara Luwuk ini, perdana dilaksanakan pada Sabtu (11/4), dan ditinjau langsung Bupati Banggai, Ir H Herwin Yatim MM, beserta jajaran tim kesehatan. Penumpang maskapai Batik Air yang hari itu tiba pertama kali di bandara, seluruhnya mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan ini.

Keterangan Bupati Banggai melalui Kassubag Dokumentasi dan Protokol Humas Setda Banggai, Indra Kurniawan, dijelaskan bahwa dimulainya rapid test bagi penumpang masuk di bandara SA Amir Luwuk, sebagai upaya mencegah dan mendeteksi dini penyebaran Covid-19.

“Jumlah orang yang positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia, kian hari bertambah. Sehingga untuk mencegah corona masuk di daerah ini, Bupati Banggai selaku ketua tim gugus tugas Covid-19, memerintahkan kepada dinas kesehatan dan jajarannya, untuk melakukan rapid test di pintu masuk bandara Luwuk,” terang Indra.

Baca juga:  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sulteng Dinyatakan Sembuh

Test ini dilakukan, lanjutnya, agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus corona, dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah.

“Ini adalah bagian dari ikhtiar pemerintah daerah kabupaten Banggai. Untuk meyakinkan masyarakat, bahwa kami terus bekerja melawan Covid-19,” kata Bupati ketika melakukan pengecekan pelaksanaan rapid test, disampaikan Indra Kurniawan.

“Hari ini kita memeriksa saudara-saudara kita yang datang di kabupaten Banggai menggunakan rapid test. Insya allah ke depan, kita akan memiliki alat test polymerase chain reaction (PCR). Metode PCR ini diklaim lebih akurat untuk melakukan pemeriksaan corona virus,” tandas Bupati.*

Baca juga:  Presiden Jokowi Dijadwalkan (lagi) ke Luwuk

(jay)