Gandeng PWI, JOB Tomori Bagikan Masker dan Vitamin ke Jurnalis di Banggai

oleh -68 views
Management JOB Tomori bersama PWI Banggai saat menyalurkan bantuan ke RSUD Luwuk, Selasa (7/4). [SANGALU/ HO- JOB Tomori]

SANGALU, Luwuk – Profesi jurnalis merupakan salah satu profesi paling beresiko di tengah ancaman wabah pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Banggai. Itu didasari atas kerja-kerja jurnalistik yang tak lepas dari kewajiban menjamin akurasi dan keberaran dari setiap informasi yang disajikan.

Melihat potensi jurnalis yang rawan terpapar virus tersebut, Joint Operating Body (JOB) Pertamina – Medco E&P Tomori Sulawesi atas persetujuan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), membagi-bagikan sejumlah perlengkapan perlindungan dan nutrisi atau vitamin kepada sejumlah media di daerah.

Wabah pandemi yang mulai masuk di Indonesia pada awal bulan Maret 2020 lalu memang menjadi satu tantangan yang harus dihadapi sejumlah jurnalis tanah air.

Meskipun pemerintah telah menetapkan social distancing atau menjaga jarak dengan sesama, namun kewajiban untuk menguji kebenaran serta dokumentasi wajib diperoleh dari lapangan oleh seorang jurnalis dalam setiap penyampaian informasinya.

Baca juga:  Kades Tombos Buka Dapur Umum bagi Warga Terdampak Banjir

Bahkan terkadang para jurnalis harus turun langsung ke rumah sakit misalkan untuk dapat menghadirkan dokumentasi serta menguji kebenaran informasi yang diterimanya.

Oleh karena itu, untuk mendukung kerja-kerja jurnalis tersebut, maka JOB Tomori bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, berkerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banggai, memberikan bantuan kepada jurnalis untuk meringankan resiko pewarta di tengah situasi wabah COVID-19.

Bantuan yang disalurkan berupa alat cuci tangan sebanyak 11 unit, dan masker sebanyak 5000 picis. Tak hanya itu, untuk meningkatkan imunitas tubuh, maka disediakan pula paket vitamin/nutrisi herbal yang diproduksi kelompok binaan JOB Tomori, yang terdiri dari Sari Jahe, Sari Mengkudu, Sari Kunyit, Sari Temulawak dan Virgin Coconut Oil (VCO).

Relation, Security and ComDev Manager JOB Tomori, Agus Sudaryanto mengungkapkan sejumlah bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bentuk kerjasama yang terbangun antara pemerintah dan perusahaan.

Seperti, proses produksi masker yang dibantu oleh Balai Latihan Kerja Pemerintah Kabupaten Banggai melalui binaannya. Kemudian, untuk produksi alat cuci tangan dibantu oleh Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Banggai, sementara produksi paket vitamin atau nutrisi herbal merupakan hasil kelompok binaan JOB Tomori yang ada di wilayah Batui Selatan.

Baca juga:  Lagi, Pasar Simpong Terbakar

Atas kerjasama tersebut, Agus Sudaryanto mengucapkan banyak terima kasih kepada para pemangku kepentingan yang telah membantu dalam produksi barang bantuan sehingga dapat tersalurkan, khususnya kepada Bupati Banggai Herwin Yatim.

“Bupati Banggai yang telah banyak memberikan arahan dalam upaya bersama menangkal corona di kabupaten Banggai. Kami ucapkan banyak terima kasih juga kepada rekan-rekan pers yang ternyata punya kepedulian yang tinggi sehingga sebagian bantuan yang diperuntukan insan pers disalurkan kembali kepada pihak lain yang membutuhkan,” kata Agus Sudaryanto.

Baca juga:

Management JOB Tomori bersama PWI Banggai saat menyalurkan bantuan ke Luwuk Post, Selasa (7/4). [SANGALU/ HO-JOB Tomori]
Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Banggai, Iskandar Djiada, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada management JOB Tomori atas dukungan serta perhatiannya terhadap tugas dan tanggung jawab wartawan di tengah kondisi darurat COVID-19.

Baca juga:  Mayat Lelaki Tanpa Identitas Ditemukan Mengapung di Perairan Bangkep

Iskandar menjelaskan, dalam situasi bencana kesehatan seperti saat ini, memang sangat dibutuhkan kepekaan sosial untuk berbagai dengan sesama. Oleh karena itu, PWI Banggai sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan JOB Tomori. Ia mengaku bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi para pewarta.

Pimpinan Umum Koran Harian Banggai Raya ini mengatakan beberapa alat cuci tangan yang sejatinya diberikan kepada media telah disalurkan ke pihak lain yang lebih membutuhkan. Seperti menyumbangkan empat alat cuci tangan ke Puskesmas Batui, Batui Selatan, Moilong dan Kecamatan Toili.

“Termasuk juga berbagi masker kepada aparat desa di wilayah Kecamatan Batui Selatan dan aparat desa di wilayah Kecamatan Moilong, serta pegawai di lingkungan Kecamatan Batui Selatan dan Kecamatan Moilong,” tutupnya.*

 

(ril)