Beredar Video Rotasi Pejabat Pemda Banggai, Ketua Bawaslu: Sementara Kami Telusuri

oleh -906 views
Pelantikan/rotasi pejabat di lingkup Pemda Banggai yang dilaksanakan di ruang rapat khusus Bupati Banggai, Rabu (22/4) kemarin. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai tengah menelusuri dugaan pelanggaran yang terjadi dalam tahapan Pilkada Banggai. Itu berkaitan dengan rotasi/pelantikan pejabat di bawah kepemimpinan Bupati Herwin Yatim dan Wabup Mustar Labolo pada Rabu, (22/4).

Empat pejabat yang dirotasi sebagaimana tersebar dalam video berdurasi 1 menit 34 detik tersebut, antara lain; Camat Bunta, Arstad Tamagola pindah sebagai Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bertukar posisi dengan Idham Chalid. Kemudian, Sekretaris Dinas Perpustakaan, Abdullah Abu Bakar menjadi Inspektur Pembantu II di Inspektorat Daerah Kabupaten Banggai, bertukar posisi dengan Junaedi Sibay.

Rotasi jabatan yang dilakukan kedua pimpinan daerah yang juga berstatus sebagai petahana, pada Pilkada 2020 ini pun menuai reaksi publik yang beragam.

Baca juga:  Warga Koyoan Tewas Terjatuh dari Pohon Cengkih

Baca juga:

Ketua Bawaslu Banggai, Becce Abd. Junaid saat dikonfirmasi mengaku, hingga saat ini belum ada perubahan aturan terkait petahana yang akan maju pada Pilkada 2020.

Itu jelas diatur dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-undang.

Baca juga:  DSLNG Serahkan Bantuan APD ke Pemda Banggai untuk Tangani COVID-19

Dalam pasal 71 ayat dua (2) disebutkan, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.

“Kalau mengacu pada pasal 71 ayat dua, tidak dibenarkan lagi (pelantikan/rotasi pejabat),” terang Becce, Kamis (23/4) pagi melalui pesan singkat WhatsApp.

Meski begitu, Becce mengatakan pihaknya masih akan melakukan penelusuran terkait adanya informasi rotasi jabatan tersebut. “Kami sedang melakukan penelusuran,” imbuhnya.

Baca juga:  Mendagri Minta Sosialisasi Peraturan KPU Dilakukan Lebih Masif

Sayang, saat informasi ini coba diklarifikasi ke Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Soffian Datu Adam via pesan singkat, redaksi sangalu.com belum terhubung.

Meski begitu, beberapa pihak menyakini pelantikan yang dilakukan bupati dan wabup sudah sesuai mekanisme. Pasalnya, keduanya telah memahami aturan yang berlaku.

Bupati Herwin dan Wabup Mustar dikatakan tak akan mungkin melakukan rotasi dengan menabrak aturan. Keduanya dipastikan sudah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri atau telah melakukan kajian sehingga berani melaksanakan rotasi pejabat.*

 

(van)

 

Video: Pelantikan Pejabat Pemda Banggai