Usai Diperiksa Tim Medis, Penumpang KM Puspita Sari Dipisahkan ke Ambulance

oleh -544 views
Sejumlah penumpang antrian memeriksakan diri usai turun dari KM Puspita Sari di Pelabuhan Leme-leme Bungin, Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan, Minggu (29/3). [SANGALU/ La Omy]

SANGALU, Bangkep – Seorang penumpang KM Puspita Sari rute Luwuk – Leme-leme langsung dipisahkan dengan penumpang lainnya usai diperiksa tim medis saat tiba di Pelabuhan Leme-leme Bungin, Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan, Minggu (29/3).

Belum ada keterangan pasti terkait pemisahan penumpang yang belakangan diketahui baru saja datang dari Kota Makassar itu. Penumpang pria ini langsung digiring ke mobil ambulance milik Puskesmas Tataba.

Ketua tim Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan COVID-19 Kecamatan Buko, dr Nurul saat dikonfirmasi enggan memberikan keterangan penuh terkait pemisahan itu. Ia hanya mengatakan ada pemberlakukan khusus kepada seorang penumpang usai dilakukan pemeriksaan. Namun enggan menyebutkan apa alasan pemberlakuan khusus tersebut.

Baca juga:  Pernah ke wilayah Terpapar COVID-19? Kamu Masuk Daftar status ODR

dr Nurul hanya menjelaskan bahwa pihaknya terus mengintenskan pemeriksaan orang yang masuk wilayah Buko melalui Pelabuhan Rakyat Leme-leme Bungin, meskipun itu adalah warga Buko sendiri. Apalagi bagi mereka yang diketahui merantau ke daerah lain untuk kuliah dan bekerja, antisipasi berupa pemeriksaan wajib dilaksanakan.

Baca juga:

Tim Gugus Tugas Kecamatan Buko saat melakukan pemeriksaan dan penyemprotan desinfektan kepada penumpang yang baru turun dari KM Puspita Sari, Minggu (29/3). [SANGALU/ La Omy]
Merebaknya wabah Corona Virus Disease (COVID-19) ini memang memantik perhatian publik. Banyak orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman dikarenakan situasi kota tempat mereka kuliah dan mencari mulai membatasi aktifitas publik.

Baca juga:  WinStar - Batia Nyanyi Bersama

Meski banyak warga perantau yang kembali ke wilayah Kecamatan Buko, namun tim gugus tugas tak memberikan data berapa jumlah valid perantau yang kembali ke kampung halamannya.

Salah seorang tim berinisial RRN bahkan enggan memberikan menjawab pertanyaan, meskipun itu hanya bersifat jumlah warga yang masuk ke wilayah Buko. Khususnya bagi mereka yang baru saja tiba dari wilayah terpapar seperti Kota Palu, Makassar, Manado dan wilayah lainnya yang telah di list sebagai zona merah oleh pemerintah.*

Baca juga:  BKSDA Sulteng Dampingi GAM Luwuk Tangkap Buaya Lalong

 

(Omy)