TNI Polri Atasi Longsor, Jalur Transportasi Bualemo Normal

oleh -451 views
Seorang anggota TNI bersama warga saat turun melakukan pembersihan awal di titik longsor Bualemo, Senin (2/3/2020). [SANGALU/ HO-Kodim 1308]

SANGALU,Luwuk – Jalur transportasi keluar masuk Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai putus total, menyusul terjadi longsor di beberapa titik diruas jalan itu, Senin (2/3/2020).

Wilayah tersebut masuk di penghujung wilayah Kecamatan Pagimana, namun masyarakat wilayah Kecamatan Bualemo juga menjadi pengguna utama jalan tersebut.

“Tidak ada yang bisa lewat, bahkan kendaraan roda dua juga tidak bisa. Tertutup total,” kata Camat Boalemo, Irfan Milang.

Hanya saja kata dia, karena wilayah tersebut masuk wilayah Kecamatan Pagimana, pemerintah setempat juga sudah mengambil langkah dengan mendatangkan alat berat yang ada disekitar.

Baca juga:  Desa Toima Banjir, Pengguna Jalan Waspada Longsor

Pemerintan dan warga Kecamatan Boalemo juga banyak terlibat dalam upaya membula jalur transportasi yang putus itu.

“Lebih banyak masyarakat Bualemo yang mengalami dampak longsor itu, makanya di bagian timur tempat longsor banyak masyarakat Bualemo, Babinsa, Kapolpos, serta aparat Dessa Tikupon Salipi yang ikut bekerja bakti,” katanya.

Menurut Camat Boalemo dengan adanya alat berat yang sekarang sedang bekerja dan dibantu oleh masyarakat, ruas jalan tersebut diperkirakan sudah terbuka siang ini.

“Hari ini mudah mudahan bisa terbuka jalur transportasi itu,” pungkasnya.

Baca juga:  Ratusan Pelamar CPNS Balut Padati KMP Tanjung Api

TNI Polri Terjun  Langsung

Melihat kondisi jalan pasca longsor, TNI Polri langsung bergerak menuju lokasi. Pembersihan pun dilakukan bersama masyarakat setempat.

Lumpur dan pohon timbang disingkirkan hingga  akses jalan kembali normal. Kendaraan dari dan ke arah Kecamatan Bualemo pun bisa berjalan normal. Meski begitu, untuk kendaraan roda dua tetap waspada, karena sisa lumpur membuat jalan sedikit licin.*

 

(gt)