Tandalo Hills Makin Indah, Ada Lapangan Futsal dari APBD

oleh -306 views
Lapangan futsal yang telah selesai dikerjakan di sekitar kawasan Tandalo Hills (Foto : SANGALU/Ist)

SANGALU, Luwuk – Kawasan Tandalo Hills yang diproyeksikan bakal menjadi salah satu kawasan agro wisata di kabupaten Banggai, saat ini semakin indah. Setelah akses jalan yang kabarnya dibangun dari hasil pengalihan usulan pembangunan jalan di desa sekitar. Keindahan lokasi milik sebuah yayasan itu kian bertambah,  dengan dibangunnya lapangan futsal yang juga bersumber dari hasil ‘hibah’ APBD.

Hasil penelusuran LSM GAM, kepada media ini, Selasa (3/3) mengungkap bahwa pembangunan fasilitas kawasan Tondalo Hills sangat luar biasa. Dibangun dengan cukup cepat, meski ada kebutuhan masyarakat sekitarnya yang harus dikorbankan.

Kawasan Tandalo Hils, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai. [SANGALU/ Ist]
“Luar biasa menurut kami. Sekarang malah sudah ada lapangan futsal, yang sudah selesai dibangun. Meski di luar pagar kawasan. Katanya itu sama statusnya dengan jalan menuju ke Tandalo Hills. Juga dari APBD,” sebut Ketua LSM GAM, Idhin Massa.

Baca juga:  HUT Korem 132 TDL, Ketua Persit KCK Cabang XXII Kodim 1308 LB Serahkan Hadiah Lomba

Aktifitas belajar mengajar sekolah alam terpadu, Mian Nu Luoknyo, yang dikhususkan bagi anak-anak disabilitas, ditambahkan Idhin jika memang telah berjalan. Dengan jumlah murid yang dapat dihitung jari.

“Sekolah alam nya sudah jalan. Sudah ada kegiatan belajar mengajar. Hanya memang masih sedikit (murid),” tambahnya.

Salah satu bangunan di lokasi Tandalo Hils, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai. [SANGALU/ Ist]
Baca juga:

 

PERTANYAKAN FUNGSI PENEGAK HUKUM

Seperti yang telah diketahui, pembangunan fasilitas Tondalo Hills berdasarkan penelusuran LSM GAM,  merupakan pengalihan dana APBD Pemda Banggai.

Baca juga:  Soal Rp1,1 Miliar APBD ke Media Massa, Humas: Jumpa Pers hanya Rp19 Juta

Salah satunya pembangunan jalan akses masuk, sepanjang 3 kilometer dengan anggaran Rp 3 miliar. Ditambah lagi dengan peningkatan jalan sebesar Rp 400 jutaan.

Lapangan futsal di lokasi Tandalo Hils, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai. [SANGALU/ Ist]
Padahal, jalan yang dialihkan tersebut seharusnya diperuntukkan untuk jalan akses desa yang berada di pedalaman wilayah kecamatan Luwuk Timur itu. Berdasarkan hasil usulan masyarakat.

Telah menyuarakan adanya dugaan penyimpangan dalam proyek ini, LSM GAM kemudian mempertanyakan fungsi lembaga penegak hukum. Yang hingga saat ini, terkesan hanya diam terkait persoalan ini.

Baca juga:  Gugus Tugas COVID-19 Banggai Siap Distribusikan Bantuan APD dari JOB Tomori

“Kami memang harus pertanyakan. Untuk kejelasan, apakah pengalihan dana APBD seperti itu tak masalah. Jika memang tidak bermasalah, kan tak akan ada lagi masalah,” tutup Idhin. *

(jay)