Satu Pasien di Ruang Isolasi RSUD Luwuk dalam Kondisi Baik

oleh -395 views
Ilustrasi [google]

SANGALU, Luwuk – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, Dr. dr. Anang S. Otoluwa mengungkapkan seorang pasien yang masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Disease (COVID-19) kondisinya membaik.

“Kondisi pasien baik. Saat ini masih dalam pemantauan petugas medis. Kita masih menunggu hasil uji laboratorium atas sampel dahak yang baru terkirim kemarin,” kata Anang, Jumat (27/3).

Ia menjelaskan pengawasan dan perawatan secara khusus terus diberikan petugas medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk atas pasien yang diberi inisial PDP 1 tersebut. Ia berharap hasil pemeriksaan sampel dahak yang dikirimkan ke laboratorium di Makassar hasilnya negatif.

Baca juga:  Pemda Gencar Kampanye New Normal, Positif COVID-19 Banggai Bertambah 3 Orang

“Untuk sementara kita belum bisa pastikan apakah positif atau negatif. Kita masih menunggu hasil pemeriksaan sampel yang dikirimkan itu. Kita berharap hasilnya negatif,” paparnya.

Baca juga:

Anang juga mengungkapkan pemeriksaan sampel dahak membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya, di Indonesia bagian timur alat tersebut hanya terdapat di Makassar, Sulawesi Selatan. Sehingga pemeriksaan sampel membutuhkan waktu 4 – 5 hari.

Baca juga:  Desa Sampaka Bentuk Pokja DBD

“Yang pasti kita harapkan masyarakat tetap jaga kesehatan diri. Ikuti anjuran pemerintah dengan menjauhi kerumunan untuk sementara waktu. Rajin cuci tangan dan melaporkan ke tim gugus tugas atau petugas kesehatan terdekat jika mengalami keluhan,” tutupnya.*

 

(Omy)