Program Bosque Kapolres Budi Sasar Warga Kurang Mampu di Banggai

oleh -50 views
Kapolsek Batui, Iptu Yoga bersama anggota saat mengunjungi Dusun Tobiombong di Kecamatan Batui Selatan, Senin (2/3). [SANGALU/ HO- Polsek Batui]

SANGALU, Luwuk – Polisi bukan hanya sebagai penegak hukum, tapi juga hadir untuk membantu masyarakat khususnya yang berekonomi lemah. Seperti yang dilakukan personil Polsek Batui dan Toili, Senin pagi (2/3).

Aksi sosial yang dilakukan sesuai dengan Program Kapolres Banggai AKBP Budi Priyanto SIK, M.Si, yakni Senin bersedekah yang merupakan bagian dari Program Bosque (beribadah, Optimis dan Cute).  

Kapolsek Batui Iptu IK. Yoga Widata SH dan anggotanya menyerahkan bantuan sembako kepada 26 Kepala Keluarga Suku Terasing (Suku Loinang) di Dusun Tambiombong, Desa Maleo Jaya Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Baca juga:  Kecolongan, 19 Nakes BRSUD Luwuk Kontak Langsung dengan Pasien Covid-19

“Bantuan sembako ini sebagai wujud kepedulian Polisi kepada warga kurang mampu,” ucap Kapolsek Batui.

“Kehidupan mereka disini dari segi ekonomi sangat lemah, karena hasil kebun dijual hanya untuk bertahan hidup,” sambungnya.

Dikatakan, warga Dusun Tambiombong merupakan Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang kehidupannya sangat dekat dengan alam dan berpindah-pindah tempat.

Melalui program pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Banggai telah diberikan pasilitas rumah dan lokasi perkebunan, sehingga sebagian menetap di Dusun Tambiombong dan beberapa kepala keluarga kembali tinggal di hutan.

“Aksi sosial yang kami lakukan hari ini mendapat respon positif dari warga penerima bantuan. Mereka juga mendoakan kelurga besar Polri khususnya Polres Banggai dan Polsek Batui mendapat perlidungan dan kemudahan dalam menjalan tugas Kepolisian,” tandas perwira dua balak tersebut.

Baca juga:  Turun Melaut, Lelaki 63 Tahun di Moilong Ditemukan Tak Bernyawa

Kapolsek Toili, Iptu Chandra saat bersilahturahmi di rumah Supardi, Senin (2/3/2020). [SANGALU/ HO- Polsek Toili]
Baca juga:

 

Bosque di Toili

Program bosque bergerak di semua Polsek di Kabupaten Banggai. Seperti juga dilakukan oleh Kapolsek Toili, Iptu Candra SH, bersama anggotanya ketika bersilahturahmi ke salah satu warga kurang mampu di desa Jaya Kencana, Kecamatan Toili, Senin (2/3).

“Kami mengunjungi keluarga bapak Supardi (55), yang merupakan salah satu warga kurang mampu di desa ini,” kata Kapolsek.

Baca juga:  Terjebak Transaksi Narkoba, Pemuda Bungin Diringkus Polisi

Iptu Candra menuturkan, bapak Supardi hidup bersama istrinya Sugiyem dan seorang anaknya berumur 12 tahun serta tinggal di sebuah gubuk dengan meminjam tanah milik warga.

“Dan saat ini istri bapak Supardi dalam kondisi sakit (lumpuh),” terang Iptu Candra.

Mantan Kasat Narkoba Polres Banggai ini berharap, bantuan embako yang diserahkan itu dapat bermanfaat buat kehidupan bapak Supardi bersama keluarganya.

“Program Kapolres Banggai ini adalah wujud kehadiran polri buat masyarakat berekonomi lemah,” tandas Iptu Candra.*

 

(kh)