Pernah ke wilayah Terpapar COVID-19? Kamu Masuk Daftar status ODR

oleh -149 views
Petugas medis di Ruang Isolasi Khusus COVID-19 RSUD Luwuk saat melaksanakan perawatan WNA asal Perancis beberapa waktu lalu. [SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk – Mulai hari ini, Minggu (29/3) Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Tim Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan COVID-19 akan menetapkan siapa saja yang berasal dari wilayah terdeteksi sebagai zona merah terpapar akan masuk dalam kategori Orang Dengan Risiko (ODR) COVID-19.

Kepala Dians Kesehatan Kabupaten Banggai, Dr dr Anang S. Otoluwa mengungkapkan jika sebelumnya hanya ada tiga istilah dalam penanggulangan dan pencegahan COVID-19, kali ini ditambahkan satu yakni ODR. Tiga istilah sebelumnya yakni; Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta Positif COVID-19.

Dengan adanya kriteria ODR ini, kata Anang, maka pihaknya akan lebih mengintenskan pendataan terhadap mereka yang baru saja tiba dan memiliki resiko tinggi terpapar COVID-19 karena berasal dari wilayah zona merah. Terlebih bagi mereka yang tanpa sadar memiliki gejala demam, batuk, bersin-bersin, dan sakit tenggorokan.

Baca juga:  Imbas Corona, Puluhan Karyawan Hotel di Banggai Terpaksa Dirumahkan

Baca juga:

Bagi mereka yang memiliki gejala seperti di atas dan setelah melalui pemeriksaan dokter spesialis paru tidak ditemukan penyebab lain, maka yang bersangkutan akan digolongkan sebagai ODP. Namun, apabila dalam pemeriksaan radiologi ditemukan adanya tanda-tanda infeksi paru, maka mereka yang mengalami gejala ini akan dimasukkan dalam kategori PDP dan diwajibkan untuk dirawat di ruang isolasi khusus untuk menghindari penyebaran wabah COVID-19.

Baca juga:  Aksi Ketua HMI Luwuk Rebut Palu Sidang, Curi Perhatian Nasional

“Mulai hari ini, kami telah menyebarkan link untuk pendataan warga yang memiliki riwayat perjalanan ke wilayah zona merah. Link-nya sudah kami sebar di media sosial,” tutupnya.*

 

(van)