Penyidik Polhut Kejar Pemilik Kayu Ilegal Asal Bualemo

oleh -111 views
Proses pembongkaran muatan truk berisi kayu ilegal di gudang KPH Balantak, pekan lalu. [SANGALU/ Steven Pontoh]

SANGALU, Luwuk — Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kantor UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balantak di Kabupaten Banggai masih memburu pemilik tiga truk bermuatan kayu berkelas yang diduga tidak memiliki dokumen alias ilegal.

Kepala KPH Balantak Herry Apryanto menyatakan, pihaknya saat ini sudah menyita kayu tersebut dan diamankan di dalam gudang.

“Masalah ini masih dalam proses penyelidikan. Barang bukti kayu ada di dalam gudang,” terangnya, Rabu (11/3) lalu.

Sejauh ini kata dia, penyidik sudah memeriksa tiga sopir yang mengangkut kayu tersebut. “Kami sudah BAP,” tuturnya.

Baca juga:  Tiga Warga Hilang Ditemukan, Kades: Mereka Ambil Jalur Memutar

Meski begitu lanjut Herry, ketiga sopir tidak mengetahui siapa pemilik kayu ilegal tersebut. Dalam hasil pemeriksaan, para sopir mengaku hanya disuruh mengangkut kayu.

“Nah sudah dua minggu kayu itu diamankan, dan sampai sekarang belum ada yang datang mengaku kayu itu miliknya. Tapi kami terus melakukan penyelidikan,” kata Herry.

Bila hingga waktu yang ditentukan belum ditemukan pemiliknya, Herry menyatakan akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sulteng untuk mengambil langkah selanjutnya.

“Apakah mau dimusnahkan ataukah mau dilelang. Saya nanti akan koordinasi dulu,” kata dia.

Baca juga:  Warung Nasi Goreng Mas Mato Nyaris Terbakar

Baca juga:

Herry Apriyanto, Kepala UPT KPH Balantak di Luwuk saat memberikan keterangan terkait penanganan kayu ilegal hasil tangkapan Polhut di Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai. [SANGALU/Steven Pontoh]
Sebelumnya, Polisi Kehutanan di Kabupaten Banggai menangkap tiga truk bermuatan kayu yang diduga tanpa dokumen lengkap.

Tiga truk bermuatan kayu kelas yang biasa disebut kayu Moitom oleh penduduk lokal itu berangkat dari Bualemo menuju Luwuk. Dalam perjalanan, polisi kehutanan mendapatkan informasi adanya pemuatan kayu tanpa surat dan langsung turun lokasi.

Tiga truk bermuatan kayu ilegal asal Kecamatan Bualemo ketika diamankan Polhut di Kantor KPH Balantak dua pekan lalu. [SANGALU/Ist]
Petugas langsung mengamankan ketiga truk tersebut ke kantor Polisi Kehutanan di wilayah Mangkio Baru. Informasi lainnya menyebutkan bahwa pemuatan kayu dari Bualemo bukan kali pertama. Namun, pemberangkatan kali ini ketahuan karena adanya laporan masyarakat.

Baca juga:  Pakai BRIMo, Belanja di Pasar Tradisional tak Perlu Uang Tunai

Amatan media ini, Sabtu malam (7/3) lalu, kayu-kayu tersebut sudah diturunkan untuk diamankan ke gudang Polisi Kehutanan, sebab mobil tersebut akan digunakan oleh pemiliknya dengan status pinjam pakai.*

 

(alp)