Obama-Heppy Ajak Semua Paslon Bantu Pemerintah Hadapi Corona

oleh -247 views
Bakal calon bupati Banggai Syamsulbahri Mang dan bakal calon wakil bupati Banggai Heppy Yeremia Manopo saat mengabadikan momen bersama sejumlah pengurus pusat Partai Golkar di Jakarta beberapa waktu lalu. [SANGALU/ HO- DPD Golkar]

SANGALU, Luwuk – Kepanikan atas wabah Corona Virus Disease (COVID-19) melanda seluruh negeri, tak hanya di Indonesia tapi seluruh dunia. Potensi virus yang kian menyebar membuat langkah antisipasi wajib dilakukan oleh semua pihak. Tak terkecuali para relawan tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Banggai.

Melihat situasi itu, relawan Syamsulbahri Mang – Heppy Yeremia Manopo menyerukan agar semua pihak dapat bersatupadu membantu pemerintah dalam pengentasan virus corona. Berikut ajakan relawan dengan tagline ‘To B Heppy‘ itu.

Di tengah hempasan virus corona yang melanda dunia dan tuntutan kemanusiaan kita sebagai putra Banggai, tidak ada yang lebih penting dan utama dari keselamatan dan kesehatan warga. Lupakan sejenak masalah pilkada.

Persatuan dan kesatuan para tokoh dan masyarakat menjadi hal pokok dalam menangkal penyebaran virus korona yang telah menelan puluhan ribu korban jiwa.

Virus Covid-19 atau yang lebih akrab kita kenal dengan Corona, adalah pendemi yang sangat menghawatirkan. Tak pelak hampir setiap lapisan masyarakat di buat was-was oleh virus satu ini.

Baca juga:  Pemdes Koninis bersama Masyarakat Sepakat Desak Penutupan Operasi PT ANI

Saat ini berdasarkan rilis data pemerintah, korban yabg terjangkit virus ini sudah mencapai angka 579 orang, dan Korban meninggal sudah berjumlah 49 orang.

Pendemi ini tak semata menjadi masalah nasional, namun juga menjadi darurat global. Penyebaran yang tidak mengenal batas teritori dan sangat cepat inilah, tentu menjadi problem kemanusiaaan. Corona menjadi masalah umat manusia, dan solusinya-pun membutuhkan kerjasama dan solidaritas umat manusia.

Indonesia sendiri masih terbilang cukup minim angka penularanya dibanding beberapa negara yang kategori tinggi, namun, justru angka kematian Indonesia lebih tinggi di banding negara ASEAN lainnya. Tentu ada masalah yang mesti kita cari jalan keluarnya, kenapa angka kematian kita cukup tinggi.

Di Kabupaten Banggai sendiri, memang belum ada angka rill yang terdampak. Namun bukan berarti kita tidak waspada, virus ini menyebar sangat cepat, sehingga butuh kewaspadaan tingkat tinggi untuk menjaga dan mengantisipasi penyebaran virus itu di Kota Air.

Baca juga:  Bangkitkan Perekonomian Banggai, Sektor Logistik harus Efisien

Oleh sebab itu, Relawan Samsul Bahri Mang dan Happy Manopo Untuk misi kemanusiaan Kabupaten Banggai menyatakan sikap:

1. Pemerintah Kabupaten Banggai harus aktif memberi informasi kepada publik baik melalui pesan, atau pengumuman resmi entah langsung atau melalui akun resmi pemda, terkait: update perkembangan Covid-19 secara nasional, lokal Sulawesi Tengah dan Banggai, dengan memaparkan data jumlah pasien terdampak, pasien sembuh, dan meninggal dunia.

2. Pemerintah Kabupaten Banggai mesti menurunkan dalam kerangka teknis di daerah terkait instruksi Presiden dalam memutus mata rantai Corona di Banggai. Harus ada tindakan antisipatif yang masif, intensif, dan terkoordinasi.

3. Pemda Banggai mesti mengalokasikan anggaran yang maksimal untuk kebijakan antisipasi penyebaran virus COVID-19 di Banggai.

4. Sebagai tindakan pencegahan, pemerintah mesti melakukan langkah kongkrit antara lain:

Baca juga:  Waduh! Sepekan di Luar, Napi Asimilasi Lapas Luwuk Bobol Hotel Swissbelin

— Penyemprotan disinfectant di tempat-tempat umum: bandara, pelabuhan, pasar, perkantoran, rumah ibadah, dan jalan-jalan protokol sebagai langkah antisipatif pemda.

— Menyediakan fasilitas cuci tangan tidak hanya di areal perkantoran tapi juga di tempat umum lainnya

— Melakukan cek suhu tubuh di kantor-kantor pelayanan publik.

5. Syamsulbahri Mang dan Happy Manopo akan bersolidaritas dan membantu pemerintah Kabupaten Banggai dengan mengadakan dan mendistribusikan masker untuk masyarakat yang beraktivitas di luar rumah, serta pemberian vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat.

6. Syamsulbahri Mang dan Happy Manopo mengajak seluruh tokoh masyarakat, secara khusus bakal calon bupati dan wakil bupati Banggai untuk bekerjasama, menjadikan Corona sebagai masalah bersama, dan tanggung jawab bersama untuk pencegahanya.

Mari menjadi pelopor dalam empati, simpati dan solidaritas kemanusiaan dan keselamat umat manusia.*

 

Penulis: Relawan Obama – Heppy