KM Tilongkabila dari Benoa Tujuan Bitung Sandar di Pelabuhan Luwuk

oleh -1.275 views
KM Tilongkabila saat masuk ke Pelabuhan Luwuk, Kamis (26/3/2020) pagi sekira pukul 05.30 Wita. [SANGALU/ Ebi Umar]

SANGALU, Luwuk – Kapal penumpang milik PT Pelni yang sempat istirahat berlayar karena docking, akhirnya berlabuh di Pelabuhan Luwuk, Kamis (26/3/2020) pagi sekira pukul 05.00 Wita.

Kapal dengan rute pelayaran dari Benoa/Bali, Lembar, Labuan Bajo, Makasar, Bau-Bau, Raha, Kendari dengan tujuan Goeontalo, dan Bitung, Sulawesi Utara itu mampir di Pelabuhan Luwuk untuk menurunkan 290 orang penumpang tujuan Kabupaten Banggai dan sekitarnya.

Baca juga:

Baca juga:  Suhu Tubuh WNA Perancis Pasien RSUD Luwuk turun 36° Celcius

Penumpang KM Tilongkabila disemprot desinfektan saat turun di Pelabuhan Luwuk, Kamis (26/3/2020) pagi. [SANGALU/ Idhin Massa]
Mereka yang turun merupakan penumpang asal Bali dan dari beberapa wilayah yang masuk rute pelayaran KM Tilongkabila. Petugas Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Klas II Luwuk, Ilyas Djafar mengungkapkan bahwa selain menurunkan penumpang, ada juga penumpang yang akan berangkat dengan tujuan Gorontalo dan Bitung asal Luwuk.

“Dari laporan Pelni ada 219 penumpang yang akan lanjut ke Gorontalo dan Bitung. Kalau yang naik saya belum dapat informasinya berapa,” kata Ilyas.

Ia hanya menjelaskan bahwa atas laporan PT Pelni, pihak KM Tilongkabila meminta disediakan tempat labuh dan mobil sampah. Meski begitu, pemeriksaan akan dilakukan oleh petugas yang telah disiapkan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Baca juga:  Orang Tua Siswa Keluhkan Sistem Pembelajaran Daring

“Pemeriksaan tetap ada. Karena kita sudah ada tim gugus tugas yang menangani itu. Ada dari Kantor Pelayanan Kesehatan Kepelabuhanan dan beberapa instansi terkait. Semoga saja tidak ada penumpang positif,” paparnya.

Ilyas menjelaskan laporan awal dari awak KM Tilongkabila, meskipun beberapa penumpang yang akan turun di Luwuk berasal dari wilayah terpapar COVID-19, namun para penumpang dipastikan dalam kondisi sehat.

“Penjelasan awak Tilong semua penumpang sehat dan tidak ada tanda-tanda terinfeksi virus Corona. Semoga benar swmua sehat. Kita hanya menjalankan tugas kepelabuhanan, soal kesehatan akan diperiksa tim yang sudah ditugaskan untuk itu,” tutupnya.*

Baca juga:  KNPI Banggai Desak Dinkes Lakukan Sosialisasi dan Publikasi Corona

(van)