Ilegal Loging Marak di Bualemo, Tiga Truk Ditahan Polhut

oleh -409 views
DIAMANKAN: Tiga truk bermuatan kayu diduga ilegal saat diamankan Polisi Kehutanan di Mangkio Baru, beberapa waktu lalu. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – Praktek ilegal loging nampaknya masih marak di Kabupaten Banggai, khususnya di wilayah Kecamatan Bualemo. Itu terlihat dari tiga truk yang kini diamankan oleh Polisi Kehutanan di Kelurahan Mangkio Baru, Kecamatan Luwuk, sepekan terakhir.

Informasi yang berhasil dihimpun, tiga truk bermuatan kayu kelas yang biasa disebut kayu Moitom oleh penduduk lokal itu berangkat dari Bualemo menuju Luwuk. Dalam perjalanan, polisi kehutanan mendapatkan informasi adanya pemuatan kayu tanpa surat dan langsung turun lokasi.

Petugas kemudian mengamankan ketiga truk tersebut ke kantor Polisi Kehutanan di wilayah Mangkio Baru. Informasi lainnya menyebutkan bahwa pemuatan kayu dari Bualemo bukan kali pertama. Namun, pemberangkatan kali ini ketahuan karena adanya laporan masyarakat.

Baca juga:  Rp1,5 Miliar BLT 54 Desa Tersalurkan ke 2.588 Kepala Keluarga di Banggai

Baca juga:

DIAMANKAN: Tiga truk bermuatan kayu diduga ilegal saat diamankan Polisi Kehutanan di Mangkio Baru, beberapa waktu lalu. [SANGALU/ Ist]

Ada ‘Beking’ Oknum Aparat

Menariknya, praktek ilegal loging yang terjadi di Kecamatan Bualemo ini diduga kuat mendapatkan bekingan oknum aparat penegak hukum yang bertugas di wilayah itu. Aparat inilah yang diinformasikan menjadi ‘back up’ atas praktek ilegal loging menggunduli hutan.

Karena adanya keterlibatan oknum inilah yang kemudian membuat masyarakat enggan melapor, sampai akhirnya salah satu masyarakat memberanikan diri. Polisi Kehutanan yang bertugas di Kabupaten Banggai pun menyikapi dengan cepat hingga ketiga truk tersebut langsung diamankan.

Sumber terpercaya yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan malam ini rencananya kayu-kayu tersebut akan diturunkan untuk diamankan ke gudang Polisi Kehutanan, sebab mobil yang digunakan akan dipinjam pakai oleh pemiliknya.*

Baca juga:  Pembukaan TMMD ke 107 Digelar Sederhana tanpa Upacara

(van)