Gempa Kekuatan 5,8 SR Kembali Guncang Sigi

oleh -70 views
Titik koordinat sumber gempa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (28/3) sekira pukul 23.43 Wita. [SANGALU/ BMKG]

SANGALU, Sigi – Gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter kembali mengguncang wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (28/3) sekira pukul 23.43 Wita.

Banda Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa bumi berpusat di koordinat 1.72 LS dan 120.14 BT, atau lebih tepat berada di daratan pada jarak 76 km arah Selatan Kota Sigi Biromaru di kedalaman 10 km.  Gempa bumi ini diperkirakan terjadi akibat adanya aktifitas Sesar Palukoro.

BMKG mengemukakan bahwa hasil analisis dari mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki pergerakan mendatar.  Dengan kekuatan 5,8 SR, BMKG menyebutkan gempa bumi tidak hanya mengguncang Sigi, tapi juga dirasakan hingga ke Kabupaten Tojo Una-una, Poso, Pasang Kayu, Sausu, Palopo, Masamba, Mamuju, Topoyo, Kayuku, Luwu Utara, Sanggata, Kutai Timur

Baca juga:  Operasi Yustisi, Upaya Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Sulteng

Baca juga:

Informasi lainnya yang beradar di media sosial menyebutkan bahwa dampak gempa tersebut menimbulkan sejumlah kerusakan bangunan di wilayah Sigi. Hingga berita ini diturunkan BMKG telah merilis 12 kali gempa susulan dengan skala lebih kecil.

Gempa bumi yang menguncang Sigi dan sekitarnya, termasuk Kota Palu membuat warga yang sebelumnya berdiam diri di rumah karena takut terpapar COVID-19 berhamburan keluar rumah.

Baca juga:  Bandara SA Amir Luwuk Beroperasi Ditengah Sejumlah Maskapai Cancel Flight

Meski begitu, BMKG memastikan bahwa gempa kali ini tidak berpotensi tsunami dan wargapun memilih kembali ke dalam rumah masing-masing.*

 

(van)