Empat Daerah di Sulteng Masih Berstatus Zero COVID-19

oleh -696 views
Tim Reaksi Cepat Pencegahan COVID-19 Bangkep, melakukan penyemprotan cairan desinfektan kepada sejumlah penumpang yang baru turun dari Kapal Ferry ASDP di Pelabuhan Salakan. [SANGALU/IST]

SANGALU, Salakan – Pusat Data dan Informasi Bencana (Pusdatina) Provinsi Sulteng hingga Sabtu (28/3/2020), menginformasikan empat daerah di Sulteng yakni Kabupaten Buol, Morowali, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, masih aman dari ancaman penyebaran Virus Corona (COVID 19).

Empat Kabupaten tersebut tercatat belum ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan, Saprin K. Pitter, menjelaskan bahwa proteksi dan langkah antisipasi yang dilakukan oleh Pemkab Bangkep sebenarnya sesuai SOP yang diterapkan secara nasional.

Baca juga:  Belasan Karyawan PT PAU Dikabarkan Alami Sakit Misterius

Namun, langkah lain yang dilakukan adalah dengan membentuk Tim Reaksi Cepat selain Tim Gugus Tugas COVID 19 yang dibentuk berdasarkan instruksi Presiden RI, Joko Widodo.

Tim Reaksi Cepat terdiri dari instansi terpadu seperti Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Bagian Prokopim serta melibatkan TNI dan Polri.

Selain memperketat pengawasan pintu masuk di area Pelabuhan dan melakukan Lockdown terhadap warga asing, beberapa langkah konkrit juga dilakukan dengan pemantauan langsung di lapangan oleh Bupati Bangkep, H. Rais D. Adam.

Baca juga:  PDP Banggai Bertambah, Satu Pasien Rujukan Toili Menuju RSUD Luwuk

Diantaranya, penyemprotan desinfektan kepada penumpang kapal yang jadwal keberangkatannya dimajukan, juga penyemprotan desinfektan dilakukan di rumah-rumah atau hotel dan penginapan yang pernah dipakai untuk kafilah tamu pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sulteng baru-baru ini.

Pembagian 2020 batang sabun anti septik kepada warga atas inisiatif setiap OPD di lingkup Pemkab Bangkep juga dilakukan oleh tim reaksi cepat.

Baca juga:

Baca juga:  Polres Banggai dan Kodim 1308/LB Salurkan Makanan Gratis Bagi Masarakat

Menurut Kabag Saprin, status zero kasus COVID-19 tak membuat mereka merasa jumawa dan lengah. Namun, berbagai hal pencegahan dan antisipasi terus ditingkatkan.

Data dari Pusdatin hingga Sabtu (28/3/2020), jumlah kasus COVID 19 di Sulteng hingga saat ini adalah total 44 ODP, 28 PDP, 2 diantaranya dinyatakan positif COVID 19.

Dua pasien positif itu berada di Kota Palu. Sementara 1 PDP di Banggai, masih menunggu hasil pemeriksaan Sample Swab (cairan tenggorokan) di Laboratorium Makassar. *

 

(kib)