Banggai 2 ODP, Nasional 405 Positif, 20 Sembuh, 38 Meninggal

oleh -182 views
Ilustrasi [sumber: Google]

SANGALU, Luwuk – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kabupaten Banggai, merilis laporannya per tanggal 21 Maret 2020, sore tadi.

Melalui juru bicaranya, Nurmasita Datu Adam, dikatakan sejauh ini ada 2 (dua) orang dalam status ODP (Orang Dalam Pemantauan), yakni Ny CH (Warga Francis) yang telah pulang ke Negaranya, dan Tn P (WNA Srilanka).

“Ada keluhan demam dan ada riwayat perjalanan dari negara terjangkit kurang dari 14 hari, serta tdk ditemukan penyebab lain,” rilis jubir Gugus Tugas COVID-19 Banggai.

Yang telah di lakukan oleh tim gugus tugas COVID- 19 kabupaten Banggai sejauh ini, dikatakan pula yaitu membentuk tim gugus tugas COVID 19 pelabuhan laut. KKP melakukan skrining suhu tubuh di bandara dan pelabuhan laut. Kantor Imigrasi melarang kapal asing sandar di dermaga apabila di dapati ada ABK yg demam lebih dari 38°c.

Baca juga:  Bawaslu Rekomendasikan Bupati Banggai dan Morut TMS di Pilkada 2020

Juga, membentuk TGC rumah sakit. Membentuk call center penanganan COVID 19 di 26 puskesmas. Surveilans puskesmas melakukan skrining pada warga masyarakat yang baru kembali dari negara/ daerah terjangkit COVID 19.

Kemudian, Dinas Nakertrans bersama Dinas Kesehatan melakukan kunjungan ke perusahaan-perusahaan, untuk melihat langsung kesiapan penanggulangan COVID 19, dalam hal ini tempat cuci tangan, desinfektan. Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan juga melakukan pemberian vaksinasi kepada hewan peliharaan serta melakukan pelacakan pada hewan ternak yang mati.

Baca juga:  Riset Booking.com Orang Indonesia Berwisata karena Gengsi

“Titik sasaran penyemprotan adalah tempat-tempat umum, tempat ibadah, bekerja sama dengan FKM,PMI,Polres, dan Dinkes,” tutup Nurmasita.

RILIS NASIONAL

Pemerintah Pusat juga kembali memperbarui data pasien yang mengidap penyakit Covid-19, yang disebabkan oleh virus corona.

Sumber: Google

Hingga Sabtu (21/3) sore ini, data pemerintah pusat yang disampaikan Achmad Yurianto di gedung BNPB, menyebutkan bahwa total ada 450 kasus pasien Covid-19 atau positif virus corona.

“Ada penambahan kasus baru sebanyak 81 orang, sehingga total 450 orang,” kata Yuri.

Baca juga:  Dukung Penundaan Pilkada, Heppy: Keselamatan Rakyat di Atas Segalanya

Sementara itu, ada penambahan pasien yang sembuh menjadi 4 orang. Kasus yang sembuh secara total adalah 20 kasus.

“Kemudian ada tambahan jumlah kasus 2 kali dinyatakan pemeriksaan negatif, klinis membaik dan sembuh sebanyak 4, total sembuh 20,” ujarnya.

Dan untuk pasien positif Corona yang meninggal bertambah 6 orang menjadi total 38 orang. *

(jay)