Antisipasi COVID-19, Bupati Imbau Perusahaan Hentikan Kegiatan Usaha

oleh -2.541 views
Bupati Banggai, DR. Ir. H. Herwin Yatim MM

SANGALU, Luwuk – Pemerintah Kabupaten Banggai terus mengambil langkah cepat mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di daerah ini. Setelah memutuskan meliburkan seluruh siswa, kali ini Bupati Banggai Herwin Yatim kembali mengeluarkan himbauan kepada seluruh perusahaan untuk menghentikan sementara kegiatan usahanya.

Itu dilakukan sebagai tindaklanjut atas surat edaran Menteri Ketenagakerjaan RI nomor: M/3/HK/04/III/2020 tentang Perlindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19.

Melalui surat bernomor: 560/394/Nakertrans tertanggal 18 Maret 2020 itu, Bupati Herwin mengharapkan kepada para pimpinan perusahaan diharapkan untuk dapat mengambil langkah-langkah pencegahan terkait resiko penularan infeksi Corona Virus Disease (COVID-19).

Baca juga:  BPC Hipmi Banggai Buka Pendaftaran Caketum periode 2020-2021

Baca juga:

Langkah-langkah pencegahan dimaksud dalam surat himbauan yakni; perusahaan diharapkan sementara waktu menghentikan seluruh kegiatan usahanya. Atau perusahaan untuk sementara waktu dapat mengurangi sebagian kegiatan usahanya (sebagian karyawan, waktu dan fasilitas operasional).

Sementara, untuk perusahaan yang tidak dapat menghentikan kegiatan usahanya mengingat kepentingan langsung masyarakat seperti pelayanan kesehatan, kebutuhan bahan pokok dan BBM tetap beroperasi dengan tetap memerhatikan standar keselamatan pekerja menghadapi penyebaran COVID-19.

Baca juga:  Derita Dewa Ayu, Idap Kanker Ganas hingga Suami yang Mendekam di Penjara

Dalam mengambil langkah-langkah kebijakan tersebut, perusahaan juga diharapka dapat melibatkan para pekerja/buruh dan atau serikat pekerja/serikat buruh di perusahaan. Surat edaran yang ditandatangani langsung oleh Bupati Banggai Herwin Yatim tersebut berlaku hingga tanggal 18 Maret 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai kebutuhan.*

 

(van)