2021, Bupati Herwin Dorong Jargas Masuk Kintom dan Nambo

oleh -179 views
Bupati Banggai Herwin Yatim saat mengabadikan momen bersama sejumlah perwakilan gender Legislator Banggai di Kecamatan Kintom, Kamis (5/3/2020). [SANGALU/ Humas Pemda]

SANGALU, Kintom – Pembangunan pipanisasi jaringan gas sebanyak 6000 sambungan rumah tangga yang telah dilaksanakan di Kecamatan Batui dan Batui Selatan bakal terus berlanjut di tahun 2021.

Bupati Banggai Herwin Yatim menjelaskan bahwa tahun depan Kabupaten Banggai akan kembali mendorong agar sambungan gas rumah tangga bisa mencapai Kecamatan Kintom dan Nambo.

“Insha Allah, tahun depan kecamatan Kintom dan Nambo dialiri jaringan gas rumah tangga,” kata Herwin dalam rilis resmi Bagian Humas Setda Banggai, Kamis (5/3) malam.

Baca juga:  Lima Kontraktor Asal Sulsel Garap Proyek RSUD Senilai Rp12,9 Miliar

Ia menjelaskan bahwa pemerintah berharap agar masyarakat Kintom dan Nambo yang notabene adalah penduduk asli Kabupaten Banggai juga merasakan dampak dari adanya jaringan gas rumah tangga.

“Ini adalah upaya pemerintah yang oleh oknum tertentu dibilang, pendatang itu lebih punya perhatian lebih bagi daerah dan masyarakat lokal,” terangnya.

Baca juga:

BUPATI BANGGAI Ir. H. Herwin Yatim MM memberikan kain tenun batik Nambo kepada Presiden RI Jokowi saat tiba di Bandara SA Amir Bubung, Minggu 23 Desember 2018. [Sangalu/Staf Kepresidenan]

Batik Nambo

Selain jaringan pipanisasi sambungan gas rumah tangga, Bupati Herwin juga menyatakan pemerintah akan mengupayakan melalui designer ternama untuk membuka gerai Batik Nambo di Yogyakarta, Jawa Tengah.

Baca juga:  Aksi Ketua HMI Luwuk Rebut Palu Sidang, Curi Perhatian Nasional

Dalam beberapa bulan ke depan, kata Herwin, Batik Nambo dan Tenun Nambo akan diberikan hak intelektual atau biasa dikenal dengan sebutan Hak Cipta oleh Kementerian Hukum dan HAM kepada Kabupaten Banggai.

“Ini artinya apabila ada daerah lain yang membuat atau menjiplak Batik Nambo dan tenun Nambo maka akan membayar yang namanya royalti kepada kabupaten Banggai,” terang Herwin.*

 

(idr)