Wakili Bupati, Sekda Banggai Rilis Inflasi Kota Luwuk

oleh -115 views
Sekretaris Daerah, Ir. Abdullah, M.Si, foto bersama Narasumber dan Peserta Rapat Teknis TPID Kabupaten Banggai, Kamis (6/2/2020), di Maleo Convention Center, Hotel Estrella, Luwuk Selatan.[SANGALU/ Frangki]

SANGALU, Luwuk Selatan – Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah, M.Si, mewakili Bupati Banggai, H. Herwin Yatim membuka secara resmi kegiatana rapat teknis Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Banggai, Kamis (6/2/2020) di Maleo Convention Center, Hotel Estrella, Kecamatan Luwuk Selatan.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tengah, Moh. Abd. Majid Ikram, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng, Dumangar Hutauruk, dan Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Setda Prov Sulteng, Dr. Rudi Dewanto, SE, MM.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan rilis inflasi Kota Luwuk yang berhasil masuk sebagai Kota Perhitungan Inflasi Nasional tahun 2020.

Baca juga:  LPj Bukan Syarat Utama Pencairan DD, tapi Kewajiban Kades

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Abdullah, Bupati H. Herwin Yatim menyampaikan, bahwa pertumbuhan ekonomi di daerah, dapat dicapai melalui stabilitas harga barang dan jasa serta tercermin dalam tingkat inflasi yang rendah.

Untuk mewujudkan hal itu, sekaligus keberhasilan mencapai sasaran inflasi nasional, Pemerintah Kabupaten Banggai, dibawah kepemimpinan Bupati H. Herwin Yatim dan Wabup H. Mustar Labolo, serta seluruh jajaran perangkat daerah melalui wadah koordinasi TPI di tingkat pusat dan TPID Kabupaten, terus melakukan berbagai langkah koordinasi.

Baca juga:  Temui LSM GAM, Kapolres Banggai Siap Dukung Program Kebersihan 'Sapa Kasih'

Pemerintah Daerah sangat menyadari arti pentingnya upaya menjaga stabilitas harga, sebagai salah satu prasyarat terciptanya pertumbuhan ekonomi daerah yang berkesinambungan.

Inflasi tahun 2020 menggunakan perhitungan berdasarkan tahun dasar 2018 dengan menghitung 11 (sebelas) kelompok pengeluaran. Perhitungan inflasi ini mengalami perubahan dari tahun 2019 yang menggunakan tahun dasar 2012 dengan menghitung 7 (tujuh) kelompok pengeluaran.

Selain itu perhitungan inflasi tahun 2020 mencakup 90 kota di Indonesia, termasuk Kota Luwuk dengan 248-473 komoditas per kota sedangkan perhitungan inflasi tahun sebelumnya hanya mencakup 82 kota di Indonesia dengan 224-461 komoditas per kota.

Baca juga:  Bupati Ungkap 1.824 Orang Dalam Risiko COVID-19 di Banggai

Kesempatan itu juga digunakan untuk sosialisasi program mewujudkan ‘Satu Data’ melalui sensus penduduk 2020, oleh Kepala BPS Sulteng.

Hadir sebagai peserta rapat, unsur dan perwakilan Forkopimda, serta para pimpinan atau perwakilan OPD dan sejumlah camat di lingkup Pemkab Banggai. *

 

(kib)