Tiba di RSUD, Pasien WNA Perancis Langsung Dirawat di Ruang Isolasi

oleh -1.026 views
Pasien rujukan RSUD Ampana yang merupakan WNA Perancis saat tiba di RSUD Luwuk untuk menjalani observasi, Sabtu (29/2) pagi sekira pukul 07.00 Wita. [SANGALU/ Nawi]

SANGALU, Luwuk – Seorang pasien yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Perancis berinisial CR (71) yang sempat viral karena dikabarkan suspect virus corona tiba di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk, Sabtu (29/2) sekira pukul 07.00 Wita.

Pasien tiba di RSUD bersama suaminya, didampingi Kepala Bidang Keperawatan RSUD Ampana, Gerry. Turis lanjut usia ini langsung digotong lalu dimasukkan ke ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan khusus.

Tim Gerak Cepat (TGC) berjumlah 3 dokter dan dibantu 2 perawat yang disiapkan manajemen RSUD Luwuk langsung menangani pasien. Petugas medis dilengkapi seragam khusus layaknya penanganan pasien virus corona seperti yang terlihat di layar kaca.

Baca juga:  Survei LSI, 43 Persen Rakyat Banggai Belum Pernah Terima Bansos COVID-19

Kepala Bidang Keperawatan RSUD Ampana, Gerry menyatakan, pasien asal Perancis ini hanya mengalami diare saat tiba di Togean, Kabupaten Tojo Unauna.

Gerry memastikan, pasien negatif corona, meskipun suhu badan mencapai 37,7 derajat.

“Kabar virus corona tidak benar. Itu hoaks. Saya saja yang antar pasien dari Ampana ke Luwuk tidak dilengkapi seragam apa-apa. Saya biasa saja. Pasien hanya mengalami diare,” kata Gerry.

Dia menambahkan, pasien bersama suaminya tiba di Indonesia pada 12 Februari 2020 lalu. Pasien ini melaksanakan perjalanan wisata dari negaranya Perancis menuju Thailand, Malaysia lalu ke Indonesia melalui Makassar dan mengakhiri tujuan wisatanya ke Togean Kepulauan, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah.*

Baca juga:

Baca juga:  Kondisi Jalan 'Kepala Burung', Semakin buat Kepala Menggeleng

(nw)