Raih Rekomendasi PDIP, Herwin: Dalam Sehari Kami Diberi 2 Kebahagiaan

oleh -310 views
Petahana calon bupati dan wakil bupati Banggai, Herwin Yatim - Mustar Labolo saat memamerkan rekomendasi DPP PDIP di Jakarta, Rabu (19/2). [SANGALU/ HO-DPC PDIP Banggai]

SANGALU, Luwuk – Meski sempat dirundung isu tak sedap terkait rekomendasi partai dalam keputusan maju di Pilkada Banggai 2020 sebagai petahana, calon bupati Banggai Herwin Yatim dan calon wakil bupati Banggai Mustar Labolo tak patah arang.

Rabu, usaha keduanya pun berbuah manis. Rekomendasi partai PDI Perjuangan dengan 10 kursi di Parlemen Banggai akhirnya berlabuh ke pasangan calon dengan tagline WinStar ini.

Herwin Yatim saat dihubungi via telepon mengaku sangat bergembira dengan adanya rekomendasi dari partai tempatnya bernaung sebagai ketua DPC Kabupaten Banggai. Herwin juga mengatakan bahwa dalam sehari Ia bersama Mustar Labolo mendapatkan dua kebahagiaan, sebab dua partai besar memberikan rekomendasi DPP sebagai modal keduanya bertarung di Pilkada Banggai untuk kedua kalinya.

“Seharian kemarin, saya bersama pak Mustar Labolo benar-benar diberikan kebahagiaan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Kenapa? Karena ada dua partai besar memberikan rekomendasi DPP. Pertama adalah partai dimana saya sebagai Ketua DPC yakni PDI Perjuangan dengan 10 kursi, kedua adalah partai Perindo pemilik satu kursi di DPRD Banggai,” kata Herwin Yatim.

Baca juga:  WinStar TMS, KPU Tetapkan Dua Paslon di Pilkada Banggai

Tak henti-hentinya Ia mengaku bersyukur atas perolehan rekomendasi partai tersebut. Pasalnya, Ia dan Mustar Labolo sebelumnya kerap disindir sebagai pasangan calon tanpa dukungan partai pada perhelatan pesta demokrasi Pilkada Banggai 2020. Dengan adanya rekomendasi itu, maka segala keraguan masyarakat terjawab.

“Alhamdulillah wasyukurillah, kebahagiaan bagi rakyat terutama para pendukung kami, yg selama ini bersabar dan sekaligus selalu mendoakan kami memasuki tahapan-tahapan Pilkada,” ungkapnya.

Atas perolehan rekomendasi dari DPP kedua partai itu, Herwin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua masyarakat, tokoh masyarakat serta sejumlah elemen lainnya yang selalu memberikan support kepadanya dan Mustar Labolo.

Ia berjanji kedepan, kerja kerja politik mereka akan fokus dan konsentrasi pada rakyat. Sebab menurutnya, perolehan rekomendasi itu juga didasarkan atas lima survei yang menyatakan dukungan masyarakat masih sangat tinggi.

Baca juga:  Puluhan Pengurus KNPI 'Satu Nafas' Disebut Siap Ikuti Jejak Amlin Usman

“Dalam lima lembaga survey, kami selalu diunggulkan dengan persentase 50 – 60 persen. Terima kasih, kami akan selalu ikhlas dan siap membaktikan diri bersama rakyat menjadikan Banggai berprestasi dan bermartabat,” pungkasnya.

 

Pengorbanan Mustar Labolo

Rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan yang diperoleh oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati Banggai incumbent ini, juga tak lepas dari pengorbanan Mustar Labolo sebagai petahana calon wakil bupati Banggai.

Bagaimana tidak, Mustar Labolo yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai harus rela melepaskan posisinya dan berpindah ke PDI Perjuangan pada 17 Februari 2020 kemarin.

Itu dilakukan karena DPP PDIP hanya akan mengeluarkan rekomendasi kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati dari partai yang sama. Keinginan itu muncul dikarenakan PDI Perjuangan meraih kursi terbanyak pada perhelatan Pileg 2019 lalu, dengan 10 kursi di Parlemen Banggai.

Baca juga:  Beredar Video Rotasi Pejabat Pemda Banggai, Ketua Bawaslu: Sementara Kami Telusuri

Mustar Labolo harus merelakan posisi jabatannya sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai dan bergabung dengan PDI Perjuangan untuk memuluskan rekomendasi.

Keputusan Mustar Labolo meninggalkan partainya tidak sia-sia. Petahana calon wakil bupati Banggai itu berhasil meraih rekomendasi dari partai berlogo banteng moncong putih untuk maju kedua kalinya sebagai wakil bupati.

Sebelumnya, paslon dengan tagline WinStar (Herwin – Mustar) ini sempat mendapatkan gangguan dari dua kader PDI Perjuangan, yakni Sri Indraningsih Lalusu, legislator Sulawesi Tengah asal Kabupaten Banggai dan I Putu Gumi yang merupakan anggota parlemen Banggai dengan perolehan suara terbanyak pada perhelatan Pileg 2019 dari partai PDI Perjuangan.

Kedua kader PDI Perjuangan ini kerap diunggulkan meraih rekomendasi DPP karena berasal dari partai yang sama. Sementara, pasangan petahana sebelumnya merupakan pasangan calon dari dua partai berbeda.*

 

(van)