Pemda Banggai Gelar Workshop LPPD 2020

oleh -19 views

SANGALU, Luwuk – Usai menerima penghargaan satu-satunya pemerintah daerah di luar pulau Jawa untuk predikat SAKIP A, Pemda Banggai rupanya tak lantas larut dalam kebanggaan. Terus mewujudkan kinerja pemerintahan yang baik, Kamis (27/2) kemarin, digelar workshop penyusunan LPPD (laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah) Kabupaten Banggai Tahun 2020.

Seperti tancap gas untuk memberikan pelayanan kinerja, workshop ini dihadiri Wabup Banggai Drs H Mustar Labolo, yang mewakili Bupati Banggai, Ir H Herwin Yatim MM, yang masih bertugas di tempat lain. Dihadiri Rita S. Sos., M. Si selaku Kasi Wilayah III Subdit Evaluasi Dit EKPKD Ditjen OTDA, Anom Mariyanto Sasano, SE., M. Si selaku analis kebijakan pemerintahan daerah pada subdit Wilayah III Dit. EKPKD Ditjen OTDA, serta pejabat daerah kabupaten Banggai, kegiatan dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Luwuk.

Juga berkesempatan membuka resmi workshop tersebut, dalam sambutan tertulis Bupati yang dibacakan wabup Mustar, dikatakan bahwa Pemda Banggai sangat mengapresiasi dan menyambut baik, terselenggaranya kegiatan ini. Dan berharap seluruh peserta workshop, bisa benar-benar memaknai kegiatan ini sebagai bentuk dan wujud nyata, serta kepedulian dan komitmen ASN dalam meningkatkan kinerja pemerintahan daerah.

Baca juga:  Kamis Lusa, Hanura Keluarkan Rekomendasi

Juga guna mewujudkan pelaksanaan otonomi Daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih bertanggung jawab, serta prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

“Maka Kepala Daerah wajib melaporkan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang meliputi LPPD. Olehnya, pelaksanaan penyusunan LPPD Pemda Banggai, pada hakikatnya merupakan progres report kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” sebut Wabup.

Melalui Wabup, Bupati Herwin Yatim kemudian menginstruksikan kepada seluruh peserta yang berasal dari satuan OPD, untuk dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai. Karena kegiatan ini dianggap bupati merupakan salah satu fase yang penting dan merupakan siklus penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Baca juga:  Kondisi Jalan 'Kepala Burung', Semakin buat Kepala Menggeleng

Menyebut pencapaian kinerja pemerintahan kabupaten Banggai, yang berhasil meraih SAKIP A, yang juga menjadi pemerintahan daerah satu-satunya di Sulteng yang meraih predikat itu, Bupati juga tak lupa mengingatkan para OPD yang hadir, terkait apa yang harus dilaksanakan ke depan.

“Perlu saya sampaikan, merebut prestasi itu sangatlah mudah. Tapi untuk mempertahankan, itu sangatlah sulit. Jadi untuk ke depan kita lebih memantapkan tugas-tugas kita sebagai ASN. Dalam rangka pelayanan kepada masyarakat kabupaten Banggai,” tandas Bupati, yang disampaikan Drs H Mustar Labolo.*

Baca juga:  Legislator Banggai Sumbangkan Rp700 juta untuk Tangani COVID-19

(jay)