Membanggakan, Pemkab Banggai Raih Predikat A Sistem Akuntabilitas Kinerja 2019

oleh -50 views

SANGALU, Yogyakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai kembali menuai prestasi membanggakan meraih Predikat A dengan Nilai 80,18 dalam Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah (SAKIP) tahun 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, kepada Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, pada acara SAKIP Awards 2019 Wilayah III, di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Dalam sambutannya, Menteri Tjahjo Kumolo mengatakan efektivitas dan efisiensi instansi pemerintah harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Efisiensi harus dibangun secara sistemik, bukan melalui kebijakan-kebijakan temporal yang mengakibatkan pelaksanaannya tidak berkelanjutan.

Baca juga:  Bawaslu Rekomendasikan Bupati Banggai dan Morut TMS di Pilkada 2020

“Evaluasi akuntabilitas kinerja berfungsi untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program, termasuk metode yang digunakan, penggunaan sarana dan pencapaian tujuan. Melalui SAKIP, instansi pemerintah harus fokus pada pencapaian prioritas pembangunan nasional melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala,” lanjut Tjahjo Kumolo.

Selain Kabupaten Banggai, ada 177 Kabupaten/Kota dan 12 Provinsi di Wilayah III yang juga menerima penghargaan yang sama, dengan predikat yang berbeda sesuai hasil penilaian untuk masing-masing daerah.

Baca juga:  Bertandang ke Sekret Nasdem, Amir Tamoreka 'Dicueki'

Hadir pada kesempatan itu mendampingi Bupati H. Herwin Yatim, adalah Wabup Drs. H. Mustar Labolo, Ketua DPRD Banggai, sejumlah pimpinan OPD, Camat dan perangkat daerah lainnya di lingkup Pemkab Banggai. *

 

(kib)