Puluhan Paket Proyek Senilai Rp2,5 Miliar Belum Dibayar

oleh -136 views
RAPAT: Sejumlah OPD saat rapat dengar pendapat bersama legislator di Parlemen Lalong, Senin (6/1/2020). [SANGALU/ Obor Motindok]

SANGALU, Luwuk – Tahun anggaran 2019 sudah berakhir. Meski begitu hingga kini masih ada puluhan paket proyek senilai Rp2,5 miliar yang belum dibayarkan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dinas TPHP) Banggai.

Kepala Seksi Perencanaan Dinas TPHP Kabupaten Banggai, Chairul A Mambuhu, dalam rapat bersama Komisi II DPRD Kabupaten Banggai, Senin (6/1/2020) menjelaskan, tahun 2019 pihaknya melaksanakan proyek pembangunan sebanyak 51 paket. Dan semua proyek fisik tersebut sudah selesai dikerjakan 100 persen.

Kegiatan kegiatan itu meliputi Jalan Kantong Produksi, Jalan Usaha Tani, Dam Parit, Embung dan beberapa kegiatan fisik lainnya.

Baca juga:  Gersang, Polres Banggai Mulai Ditanami Pohon Pelindung dan Buah

Hanya saja, ada hal teknis yang menjadi kendala. Sebab sampai saat ini, masih ada puluhan kegiatan senilai Rp2,5 miliar yang dananya belum cair. Yaitu kegiatan yang sumber dananya berasal dari Dana Bagi Hasil (DBH) Provinsi Sulawesi Tengah.

“Sudah diajukan ke keuangan, tapi dananya belum cair. Itu dari DBH provinsi. Sampai saat ini, dananya itu belum cair,” kata Chairul.

Menurut dia, jika dananya tidak cair, maka hal tersebut akan menjadi hutang Dinas TPHP kepada pihak ketiga. “Karna kegiatannya sudah dilaksanakan. Sudah selesai 100 persen. Cuma dananya belum cair,” pungkasnya.*

Baca juga:  Legislator Banggai Sumbangkan Rp700 juta untuk Tangani COVID-19

 

(gt)