Menyeberang Tahun, Proyek Tugu Pahlawan Belum Rampung

oleh -122 views
EVAKUASI PESAWAT: Proses evakuasi badan pesawat yang akan digunakan sebagai icon Tugu Pahlawan di Kilometer 8, Luwuk Selatan beberapa waktu lalu. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – Sejumlah proyek Pemerintah Kabupaten Banggai tahun 2019 tak selesai dan menyeberang tahun. Salah satunya, proyek pembangunan Tugu Pahlawan di Terminal Kilometer 8, Kecamatan Luwuk Selatan.

Proyek yang masuk dalam kegiatan penataan RTH, dalam program pengolahan ruang terbuka hijau itu terbagi dalam dua kategori pekerjaan. Pertama untuk perakitan pesawat hingga dapat ditempatkan ke landasan tugu. Kedua, adalah pembangunan landasan Tugu Pahlawan yang dikerjakan CV. Frelly dengan nilai kontrak Rp179.888.000.

Proyek pembangunan Tugu Pahlawan yang masuk dalam pengelolaan anggaran pada Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan itu mengalami keterlambatan ditenggarai karena adanya sejumlah bahan yang belum tiba di kota Luwuk.

Baca juga:  Monitoring dan Evaluasi Karang Taruna se Kabupaten Banggai

Informasi yang berhasil dihimpun sangalu.com menyebutkan bahwa bahan-bahan yang mengalami keterlambatan tersebut salah satunya adalah cat. Proyek tersebut menurut sejumlah sumber mengatakan bahwa cat tersebut tertahan di Bandara Soekarno Hatta, karena dianggap tak layak terbang. Belum ada keterangan resmi dari dinas terkait atas keterlambatan ini.

Saat ini, pembangunan Tugu Pahlawan yang diprogramkan untuk menghargai jasa salah satu putra terbaik daerah asal Kecamatan Pagimana, yakni Marsekal Muda Anumerta Syahbuddin Masulili. Almarhum merupakan sosok yang dianggap berprestasi dan membanggakan daerah. Beliau meninggal dunia pada tahun 2015, dan pernah tercatat memangku jabatan tinggi di Korps Angkatan Udara Indonesia, dan pernah menjadi Sekjen BPK RI periode 1989- 1993 saat pensiun.*

Baca juga:  Hari ini, Festival Sastra Banggai Mulai Dilaksanakan Secara Virtual

 

(van)