Mengenal Sosok Hepy, Calon Pendamping Obama di Pilkada Banggai 2020

oleh -1.448 views
Hepy Yeremia Manopo (kanan) saat menghadiri kegiatan Pemuda Pancasila di Jakarta. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – Memiliki empat perusahaan yang bergerak di bidang tambang dan properti, tak banyak orang tahu latar belakang Hepy Yeremia Manopo, calon pendamping Syamsulbahri Mang pada perhelatan Pilkada 2020 nanti.

Sosok smart dan rendah hati membuat banyak orang hanya terfokus kehidupannya saat ini. Padahal untuk sampai ke posisi itu, Ia berjuang dari titik nol.

Hepy Yeremia Manopo, sejatinya akrab di kalangan nelayan Kabupaten Banggai beberapa tahun silam, khususnya di wilayah Kelurahan Bungin. Kehidupannya yang keras, mengharuskan Hepy membiayai sekolah sendiri.

Untuk mendapatkan penghasilan di usia belia itu, setiap hari Hepy membantu nelayan menarik perahu di pantai Kilo Satu, hingga berjualan ikan keliling.

Rinto Alimun, Ketua Karang Taruna Kelurahan Bungin mengaku sangat mengenal sosok Hepy Manopo. Di matanya, lulusan SDN Lumpoknyo itu, merupakan sosok pekerja keras yang ulet.

Baca juga:  Ancaman Diskualifikasi Bikin DPD PDIP Sulteng Risau Hadapi Pilkada Banggai

“Sejak SD sampai SMP, blio dikenal pekerja keras. Karena dia membiayai sekolahnya sendiri dengan menjual ikan keliling kota,” ungkapnya.

Hepy kala itu menetap di kompleks tangga menuju sekolah MTs Luwuk di Kelurahan Bungin.

Setiap pagi, Ia sudah di pantai membantu nelayan menarik perahu. Kemudian, menjual ikan keliling sebelum berangkat sekolah.

“Kalau nelayan (orang tua) di kilo satu semua kenal dia. Itu karena pembawaannya yang baik dan jujur,” ungkap Rinto.

Hepy Manopo sendiri tidak menampik kala ditanyakan terkait kisah hidupnya. Ia mengaku berasal dari keluarga sederhana.

Bahkan saat lulus SMP, Ia tak bisa melanjutkan studi karena keterbatasan biaya.

Setelah menamatkan sekolah menengah pertama, Hepy merantau ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Ia menjalani hari-harinya di Kota Daeng sebagai pekerja. Hingga pada suatu kesempatan, Hepy mendapat kepercayaan sebagai Kepala Cabang Perusahaan Financial ke Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Baca juga:  Pedagang Pasar Simpong Protes Pemberian Ijin Jualan di Tepi Jalan

“Setelah itu, saya akhirnya memutuskan pindah ke Kalimantan Timur tepatnya di Kota Samarinda. Di sini, saya ambil ijasah persamaan dan lanjut kuliah hukum,” kisah Hepy tanpa ragu memaparkan perjalanan hidupnya.

Waktu terus berputar, Hepy yang kuliah sambil kerja saat itu terus mendapatkan kepercayaan pimpinan dan rekanannya.

Pada suatu waktu,  Hepy mampu mengumpulkan penghasilan dan membuka usaha sendiri. Dukungan dari kawan-kawan pun membuat Hepy semakin bersemangat.

Nasib baik terus mengikuti langkah pria berdarah Balantak ini. Usahanya kian sukses. Kuliah yang dilakoninya pun berhasil dituntaskan.

Menyandang gelar Sarjana Hukum, Hepy terus mengembangkan usaha dan membangun banyak relasi.

Berkat kesabaran dan ketekunan, saat ini Ia telah memiliki empat perusahaan yang masing-masing bergerak di bidang pertambangan batu bara, agen pertamina, tambang galian C dan properti.

Usaha pria yang memiliki kedekatan emosional dengan sejumlah politisi nasional ini pun kian melejit. Karirnya di organisasi juga tak kalah sukses. Ia aktif di kepengurusan Pemuda Pancasila.

Baca juga:  Amirudin Tamoreka Bertemu Ketum PBNU Said Aqil Siradj

Pada perhelatan politik, Hepy kerap terjun sebagai tim pemenangan di beberapa pilkada gubernur.

Salah satunya, saat Ia tampil mendampingi tim pemenangan Rusdi Mastura pada Pilkada Gubernur Sulawesi Tengah beberapa tahun lalu.

Sosok inilah yang kemudian dinilai sejumlah kalangan Ia layak dipertimbangkan sebagai pendamping Obama, sapaan Syamsulbahri Mang.

Alasannya, Hepy punya pengalaman dalam kanca perpolitikan nasional, dan merupakan sosok petarung yang siap maju pada Pilkada Banggai 2020.

Baginya, menang atau kalah adalah hal biasa dalam pesta demokrasi. Sebab, legitimasi ada di tangan rakyat. Biarkan rakyat menilai dan menentukan pilihannya.

Ia percaya, jika Tuhan berkehendak, maka tidak ada yang tak mungkin di dunia ini.*

 

(van)