Masih Misteri, Dimana Posisi KM Tompotika?

oleh -1.388 views
MASIH MISTERI: KM Tompotika, salah satu kapal bernilai miliaran milik Pemda Banggai saat masih berlabuh di Pelabuhan Rakyat, dalam area Pelabuhan Ferry ASDP Luwuk. [SANGALU/ Ist]

SANGALU, Luwuk – Masih ingat KM. Tompotika? Kapal cepat milik Pemerintah Kabupaten Banggai yang dibeli dengan nilai miliaran rupiah itu kini tak jelas keberadaannya. Bahkan, banyak yang berspekulasi jika kapal tersebut telah dijual namun luput dari publikasi. Benarkah?

KM Tompotika dahulu adalah salah satu alat transportasi laut yang sempat dibanggakan karena dibeli dengan nilai fantastis dan memiliki kemampuan mesin terbilang mumpuni. Tercatat, sejumlah pegawai terangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) berkah dari adanya kapal ini.

Sayang, dengan alasan biaya operasional dan perawatan yang besar. Kapal tersebut pernah diwacanakan akan disewakan ke pihak swasta. Namun, perkembangan atas wacana itu tak jelas hingga kini.

Baca juga:  Perindah Spot Dive Kilo Lima, Doto Luwuk Turunkan Tiga Patung

Diketahui, KM Tompotika dibeli dengan harga sekira Rp4,9 miliar di era kepemimpinan Bupati Banggai Ma’mun Amir. Kapal ini sempat digunakan dalam beberapa kegiatan pengawalan kedatangan tamu dari pemerintah pusat, termasuk kunjungan ke Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut beberapa tahun silam.

Kemudian di tahun 2013, sempat mengalami kerusakan dan berhasil diperbaiki. Lalu beberapa waktu kemudian dikabarkan kembali mengalami kerusakan karena hanya terparkir di dalam kawasan pelabuhan Ferry ASDP Luwuk.

Kini, kapal yang biasanya sandar di Pelabuhan Rakyat samping Pelabuhan Ferry ASDP Luwuk tersebut raib entah kemana. Belum ada keterangan dari pihak yang bertanggungjawab terkait keberadaan KM Tompotika ini. Namun, kabar terakhir menyebutkan di tahun 2018 KM Tompotika sempat dinyatakan rusak dan ditarik menuju galangan kapal di wilayah Desa Kayutanyo, Kecamatan Luwuk Timur. Meski begitu, kebenaran informasinya belum terkonfirmasi ke pihak Dinas Perhubungan selaku pengelola aset pemda ini.

Baca juga:  PPNI Layangkan Surat Permintaan Hearing ke DPRD Banggai

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banggai, Tasrik Djibran saat dikonfirmasi terkait keberadaan KM Tompotika enggan berkomentar. Pesan WhatsApp yang dikirim hanya terlihat centang biru (tanda terbaca), namun tak berbalas. Lalu, kemanakah kapal bernilai miliaran rupiah ini? Masih misteri.*

(van)