Gebrakan dr Yusran Wujudkan Visi Misi Pemerintah Menuju RS ‘Bintang 5’

oleh -180 views
Tim akreditasi RS saat memaparkan mekanisme dan tata cara penilaian akreditasi yang harus diikuti RSUD Luwuk, Kamis (9/1/2020). [SANGALU/ Kominfo]

SANGALU, Luwuk – Sejak dikukuhkan sebagai Direktur RSUD Luwuk, dr Yusran Kasim langsung menunjukkan kinerjanya. Tak tanggung-tanggung, Ia merencanakan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banggai, utamanya bagi warga kurang mampu sesuai visi misi pemerintah.

Status rumah sakit yang kini menjadi Badan Layanan Umum Daerah, memang membuatnya wajib berbenah diri. Yusran mengaku akan meningkatkan segala bentuk layanan dan fasilitas kesehatan yang ada. Bahkan, aplikasinya akan terus disosialisasikan oleh manajemen RS.

Ketua Dewan Pengawas RS, Imran Suni saat menyampaikan materi terkait rencana akreditasi RSUD Luwuk, Kamis (9/1/2020). [SANGALU/ Kominfo]
Pekan ini, Kamis (9/1/2020) pihak manajemen kembali melaksanakan sosialisasi pelayanan kepada perwakilan elemen masyarakat dari sejumlah lurah. Kemudian akan diteruskan ke masyarakat dengan tujuan memperkenalkan layanan RSUD.

Baca juga:  Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi, UMK Banggai Terendah

Sosialisasi dimaksud mencakup pelayanan yang prima yang memberi kepuasan kepada masyarakat. Diantaranya pelayanan rawat jalan, rawat inap, IGD dan pelayanan penunjang lainnya. Itu dilakukan, kata Yusran, sebagai bagian dari pembenahan menuju akreditasi paripurna dengan status RS ‘bintang 5’.

Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi yang diberikan kepada sebuah RS oleh badan pemerintah melalui Komisi Akreditasi RS atau KARS, berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di rumah sakit. Itu meliputi ketersediaan SDM, sarana prasarana serta proses pelayanan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Baca juga:  Tingkatkan Perekonomian Daerah, Hipmi Dorong Pengesahan UU Wirausaha

Beberapa program pemerintah soal penanganan kesehatan dan kesejahteraan sosial juga dipaparkan pada kesempatan yang sama oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan, Disdukcapil dan Dinas Sosial.

Turut hadir, Ketua Dewan Pengawas RSUD, Imran Suni sebagai pemateri dan sejumlah camat dan lurah se kota Luwuk.*

(kib/van)